Rabu, Mei 29, 2024
BerandaHANKAMTNI BERHASIL RINGKUS KOPI TUA HELUKA DEDENGKOT KKB YAHUKIMO

TNI BERHASIL RINGKUS KOPI TUA HELUKA DEDENGKOT KKB YAHUKIMO

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo menyebutkan bahwa TNI berhasil menangkap pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Yahukimo PH alias Kopi Tua Heluka (KTH)

Menurutnya penangkapan dilakukan secara terencana oleh anggota TNI Kodim 1715/Yahukimo pada hari Jumat, tanggal 19 Mei 2023 sekitar pukul 10.48 WIT bertempat di Rumah Makan Padang depan Jalan Poros Mako Kelurahan Waena, Distrik Heram Kota Jayapura, Provinsi Papua. Kemudian, yang bersangkutan diserahkan ke Polres Yahukimo. “Penangkapan ini saya rencanakan dan langsung saya pimpin dalam pelaksanaannya dilapangan,” tegas Dandim.

READ ALSO : SATU LAGI DEDENGKOT KKB YOHUKIMO DITANGKAP

Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram, S.I.P, Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto, S.H., S.I.K., M.Si., Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo, S.Sos., M.Han. foto. istimewa

Letkol Tommy menyebutkan bahwa PH masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Yahukimo lantaran diduga terlibat dalam beberapa aksi kekerasan yang dilakukannya bersama Kelompok Separatis Teroris (KST) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dari Kodap XVI Yahukimo.

Aksi-aksi kekerasan, kejahatan dan kekejaman yang dilakukan diantaranya adalah aksi pembunuhan terhadap anggota Kodim 1715/Yahukimo atas nama Pratu Eka Johan Kaise yang dilakukan di rumah masyarakat di Jalan Seradala, Km 2, Distrik Dekai. Kemudian aksi penembakan terhadap anggota Polres Yahukimo atasnama Brigpol Usdar di sekitar Bank BRI Dekai, Kabupaten Yahukimo yang menyebabkan korban meninggal dunia.

Bahkan, PH juga terlibat dalam aksi pengadangan terhadap Anggota Satgas Operasi Damai Cartenz di Jalan Poros Logpon, Km 7, Distrik Dekai yang menyebabkan gugurnya Bripda Gilang dan Bripda Fauzan akibat tertembak. Selanjtnya PH kembali terlibat dalam aksi penembakan yang dilakukan KST Kodap XVI Yahukimo terhadap Pos Penjagaan atau SPKT Polres Yahukimo sebanyak 2 kali.

READ ALSO : PELANGGARAN HAM OLEH KKB: AKAR UTAMA KEMISKINAN DI PAPUA

Terakhir, PH diduga terlibat aksi penembakan oleh KST Kodap XVI Yahukimo terhadap Pos Kali Buatan Satgas Operasi Damai Cartenz di Distrik Dekai. Dlaam peristiwa itu tidak terdapat korban jiwa. Kini, yang bersangkutan PH telah diserahkan ke pihak kepolisian untuk menjalani proses hukum atas aksi-aksi kriminal yang diperbuat

Sementara itu Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz Kombes Pol Donny Charles Go yang dikonfirmasi seputarpapua.com dari Mimika membenarkan penangkapan pentolan KKB tersebut. “Iya benar, tanggal 19 Mei kemarin kami menerima yang bersangkutan dari teman-teman TNI,” katanya singkat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments