Selasa, Maret 5, 2024
BerandaPOLITIKFORUM GURU BESAR UNHAS MEMINTA PRESIDEN JOKOWI TETAP DIKORIDOR DEMOKRASI

FORUM GURU BESAR UNHAS MEMINTA PRESIDEN JOKOWI TETAP DIKORIDOR DEMOKRASI

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Sejumlah guru besar dan dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar turut menyampaikan keprihatinan atas perkembangan demokrasi di Indonesia menjelang Pemilu 2024.

Mereka mengingatkan kepada Presiden Joko Widodo dan semua pejabat negara agar mengedepankan nilai-nilai kerakyatan dan keadilan sosial serta rasa nyaman dalam berdemokrasi.

“Mengingatkan Presiden Jokowi dan semua pejabat negara, aparat hukum dan aktor politik yang berada di kabinet presiden untuk tetap berada pada koridor demokrasi,” kata Prof. Triyatni Martosenjoyo saat membacakan pernyataan sikap Forum Guru Besar dan Dosen Unhas di Makassar, Jumat (2/2).

READ ALSO : DEPUTI V KEPALA STAF KEPRESIDENAN, JALESWARI MENGUNDURKAN DIRI, JADI TIM KEMENANGAN (TPN) GANJAR-MAHFUD

Mereka juga mengingatkan agar pemerintah serta masyarakat senantiasa menjaga dan mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 dalam pelaksanaan pemilu sebagai instrumen demokrasi.

Triyatni mengatakan forum ini juga meminta KPU, Bawaslu serta DKPP selaku penyelenggara pemilu bekerja secara profesional dan bersungguh-sungguh sesuai peraturan yang berlaku. “Penyelenggara pemilu senantiasa menjunjung tinggi prinsip independen, transparan, adil, jujur, tidak berpihak dan teguh menghadapi intervensi dari pihak manapun,” ujarnya.

Sejumlah kampus telah menyampaikan kritik terhadap pemerintahan Jokowi serta menuntut pemilu yang jujur dan adil. “Civitas academica UGM telah membuat Petisi Bulaksumur. UGM menilai Jokowi telah melakukan penyimpangan dalam proses penyelenggaraan negara.

Suara kritis juga disampaikan civitas academica Universitas Islam Indonesia (UII). Mereka mendesak Jokowi menjadi teladan dalam etika dan praktik kenegarawanan.

Jokowi diminta tidak memanfaatkan institusi kepresidenan untuk memenuhi kepentingan politik keluarga melalui keberpihakan pada salah satu pasangan calon presiden-wakil presiden di Pilpres 2024.

READ ALSO : JOKOWI RESMI NAIKKAN GAJI ANGGOTA TNI DAN POLRI MULAI 1 JANUARI 2024

Sumber: CNN

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments