Kamis, Mei 30, 2024
BerandaPENDIDIKANMINIM TENAGA PENGAJAR, SATGAS TNI AJARKAN BACA TULIS PELAJAR SD MAYBRAT

MINIM TENAGA PENGAJAR, SATGAS TNI AJARKAN BACA TULIS PELAJAR SD MAYBRAT

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Prajurit Banua Kalimantan Selatan dari Yonif 623/BWU mengajarkan cara membaca dan menulis kepada pelajar SD YPPK Santa Petrus Yarat Konya di Kampung Konya, Distrik Aifat Utara, Kabupaten Maybrat.

Hal tersebut disampaikan Papen Satgas Yonif 623/BWU Letda Chk Fikri Rahardiatno di Pos Kotis Kumurkek, Papua Barat Daya, Rabu (18/10/2023). Diungkapkan Papen Satgas, saat mengajar Sertu Ega Pratama dari Pos Konja Yonif 623/BWU mengatakan SD YPPK Santo Petrus Yarat Konja minim tenaga pengajar guru yang bisa aktif mengajar.

Peneliti demografi Papua dan Papua Barat, Agus Sumule menyarankan pemerintah daerah untuk mempertajam fokus pada ketersediaan guru yang bermutu dan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki pendidikan di Papua. “Belajar bisa di mana saja, di bawah pohon pun bisa, asalkan ada gurunya. Kalau tidak ada guru, pendidikan tidak bisa jalan,” katanya.

Karena itu, ia mendorong Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat untuk memimpin penyusunan rencana program dan dukungan pendanaan untuk keperluan rekrutmen dan pelatihan guru yang selama ini masih kurang dari segi kuantitas.

Kondisi itu mendorong Yonif 623/BWU berinisiatif membantu mengajar dan memotivasi murid SD YPPK Santo Petrus Yarat Konya. Saat mengajar, prajurit yang telah memiliki kemampuan Gadik seperti Sertu Ega Pratama dibantu rekannya Pratu Adi Rahman, Pratu Refendi dan Prada Salmet mengajar kepada anak-anak SD.

READ ALSO : PANGDAM CENDERAWASIH SESALKAN PT YANG TAK KOORDINASI DENGAN TNI/POLRI

READ ALSO : TNI TEMBAK SATU ANGGOTA KSTP PELAKU PENYERANGAN DI KAB PUNCAK

Sementara itu, Sertu Ega Pratama mengatakan, kami di sini menjadi gadik (tenaga pendidik), dikarenakan kendala yang ada di SD YPPK Santo Petrus Yarat Konya sangat kekurangan tenaga pengajar. Kami juga mengajar dan melatihkan baca tulis kepada anak-anak yang masih belum bisa membaca dan menulis serta kami menumbuhkan motivasi dan semangat untuk belajar,” kata Sertu Ega Pratama.

Kegiatan mengajar membaca dan menulis kepada siswa kelas 1 dan 2 SD YPPK Santo Petrus Yarat Konya. Dalam pelaksanaan mengajar membaca hari ini para anak-anak sangat antusias atas kegiatan belajar di SD YPPK Santo Petrus Yarat Konya, mereka sangat bersemangat menerima materi yang diajarkan oleh Personel Pos Konja.

Harapannya, dengan mengajar ini agar siswa-siswa SD YPPK Santa Petrus Yarat Konya sudah mengenal cara membaca yang benar dan sekaligus pendekatan Personel Pos Konja kepada anak-anak di Kampung Konja.

Kepala Sekolah SDN YPPK Santa Petrus Yarat Konya menyambut positif dan mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas Yonif 623/BWU yang dengan suka rela mengajar.

“Kami sangat berterima kasih apalagi tenaga pengajar terbatas sehingga dengan adanya bantuan anggota TNI maka pelajar dapat belajar dengan bimbingan guru yang juga anggota TNI,” ucap Kepala Sekolah SDN YPPK Santa Petrus Yarat Konya.

READ ALSO : PANGDAM CENDERAWASIH SESALKAN PT YANG TAK KOORDINASI DENGAN TNI/POLRI

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments