Senin, Mei 20, 2024
BerandaNASIONALKUNJUNGI PAPUA TENGAH, MENTERI PMK PASTIKAN PELAKSANAAN PERCEPATAN PEMBANGUNAN

KUNJUNGI PAPUA TENGAH, MENTERI PMK PASTIKAN PELAKSANAAN PERCEPATAN PEMBANGUNAN

PAPUA, Tabloidnusantara.com” – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Menko PMK Muhadjir Effendy saat ini sedang meninjau pelaksanaan program pembangunan pemerintah di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Muhadjir menyampaikan bahwa dia diutus oleh Presiden Joko Widodo untuk memastikan pelaksanaan rencana pembangunan di Kabupaten Puncak, khususnya Distrik Sinak dan sekitarnya berjalan baik. Pemerintah menjalankan beberapa program pembangunan di Kabupaten Puncak setelah bencana kekeringan dan kekurangan pangan melanda bagian dari wilayah kabupaten itu.

READ ALSO : TAK VIRAL NAMUN BIKIN RISIH, BEREDAR VIDEO BINTANG KEJORA BERKIBAR DI VANUATU

Program pembangunan yang dilaksanakan meliputi perpanjangan landasan pacu Bandara Sinak, pembangunan gudang logistik, serta pembangunan jalan Sinak-Ilaga, Sinak-Agandugume, dan Sinak-Mulia.

Dalam penjelasannya pemerintah pada tahap pertama memperpanjang landasan pacu Bandara Sinak supaya bisa digunakan untuk pendaratan pesawat berukuran besar dalam pengangkutan bahan bangunan dan logistik lain. “Kalau pesawat berbadan lebar bisa mendarat di situ, nanti angkutan barang lewat udara untuk Distrik Sinak dan sekitarnya, seperti Agandugume, Lambewi, Oneri, Mulia, Ilaga, akan bisa lancar,” katanya di Jakarta, Jumat (1/9/2023)

Selanjutnya, ia juga menjelaskan, pemerintah akan membangun jalan-jalan penghubung distrik serta lumbung pangan untuk menghadapi kemungkinan terjadi masalah pasokan pangan pada musim dingin. “Jadi tidak hanya menyelesaikan masalah kelangkaan pangan, tapi juga memperluas akses lewat darat,” katanya.

Muhadjir meminta masyarakat, tokoh masyarakat, dan pemuka agama mendukung pelaksanaan program pembangunan pemerintah di bagian wilayah Kabupaten Puncak, antara lain, dengan membantu menjaga keamanan daerah pembangunan.

READ ALSO : PERCOBAAN PEMBAKARAN SMPN ARGUNI KAIMANA TAK BERHUBUNGAN DENGAN KSTP

“Saya mohon kepada para pemuka agama, bapak pendeta, mohon ketua adat, kepala suku, mohon dukungannya rencana pemerintah ini. Jaga keamanan, yang rukun, kompak, kita terus memajukan Sinak dan sekitarnya,” katanya. Pihaknya berharap dengan adanya bandara yang semakin panjang pembangunan semakin lancar.

Disela-sela kunjungan Menteri PMK ke Kampung Damai di Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Nunung Nuryartono membeberkan tujuan Menteri PMK Muhadjir Effendy datang ke Papua Tengah, yakni untuk mempercepat pembangunan.

Nunung  menyebutkan bahwa Menko PMK dalam jangka waktu satu bulan telah tiga kali ke Papua Tengah, yakni ke Kabupaten Dogiyai dan dua kali ke Distrik Sinak, Kabupaten Puncak. “Tujuannya untuk mempercepat pembangunan di Papua, (terutama) Kabupaten Puncak yang saat itu sedang terdampak kekeringan,” ujarnya. Kunjungan Menko PMK juga bertujuan untuk memastikan seluruh bantuan dari Pemerintah Pusat dapat tersalurkan dengan baik.

READ ALSO : BUKAN ORANG ASLI PAPUA, MASYARAKAT PAPUA PROTES PJ GUBERNUR TERPILIH

“Kemudian untuk pembangunan yang lain juga yakni membuka akses jalan bandara di Sinak, yang rencana akan diperluas runway-nya,” ungkapnya. Selain itu, tujuan Menko PMK dan timnya ke Papua Tengah juga untuk memastikan program nasional seperti penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem. “Bapak menteri terus terang memantau langsung hal-hal tersebut disini,” tutupnya.

Dalam kunjungannya di Kabupaten Puncak, Menko PMK antara lain mengecek lumbung pangan sementara dan barang-barang bantuan yang disimpan di lumbung tersebut. Selain itu, dia meletakkan batu pertama pembangunan gudang pangan, mengecek pembangunan landasan di bandara, serta memberikan bantuan perlengkapan sekolah kepada anak-anak. Saat berada di Kabupaten Puncak, Menko PMK juga menerima masukan dari para pemuka agama untuk membangun sekolah asrama.

Aparat Pemerintah Provinsi Papua Tengah Ausilius You dan Bupati Puncak Wilem Wandik mengajak masyarakat di wilayah Kabupaten Puncak mendukung pelaksanaan program pembangunan pemerintah pusat. “Mari kita sama-sama ikut kerja sama bahu membahu merealisasikannya,” kata Ausilius You.

READ ALSO : KUNJUNGI KP.GIMBIS PAPUA PEGUNUNGAN, SATGAS TNI BERIKAN LAYANAN KESEHATAN GRATIS

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments