Kamis, Juli 25, 2024
BerandaAGAMAKEDEPANKAN DIALOG UNTUK SELESAIKAN MASALAH PAPUA

KEDEPANKAN DIALOG UNTUK SELESAIKAN MASALAH PAPUA

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Terkait adanya wacana dari banyak pihak untuk mengakhiri konflik antara TNI-Polri dengan KKB di tanah Papua yang berlarut-larut, disarankan agar masing-masing pihak membuka diri untuk melakukan dialog mencari titik temu. Berdialog itu penting dan merupakan langkah yang positif selama maksud, tujuan jelas, karena dengan berdialog akan banyak ide dan gagasan bisa diutarakan untuk menemukan jalan keluar.

Sementara itu adanya wacana banyak pihak yang menginginkan agar dibukanya ruang bagi TNI-Polri untuk melakukan dialog dengan pihak KKB, ini merupakan ide dan gagasan yang sangat baik, TNI siap berdialog dengan siapa dan pihak manapun, selama maksud dan tujuannya jelas, karena tanpa adanya upaya membuka diri untuk melakukan komunikasi di antara kedua belah pihak, tentu mustahil akan tercipta perdamaian. Sepertinya ruang untuk dialog dan komunikasi diantara kedua belah pihak pintunya terbuka lebar, karena bagaimanapun kelompok KKB pada dasarnya adalah Warga Negara Indonesia yang saat ini berbeda pandangan dengan pemerintah Indonesia. Untuk itu perlunya adanya tokoh berpengaruh yang bisa merangkul kedua kelompok yang bertikai.

READ ALSO : SIKAP SUKUISME BERPOTENSI TIMBULKAN KONFLIK SOSIAL

Gambar Pulau Papua (cnbcindonesia.com)

Saat ini tanda-tanda ke arah itu sudah mulai terlihat, yaitu dengan adanya kesediaan Dewan Gereja Papua yang beranggotakan para Pendeta di bawah kepemimpinan Uskup Jayapura Mrg Yanuarius Theofilus Matopai You sebagai mediator kedua belah pihak yang bertikai. Beliau berharap agar pihak-pihak yang bertikai untuk menghentikan konflik sementara waktu sambil mencari solusi yang tepat dan bisa diterima oleh kedua belah pihak.

READ ALSO : KKB EGIANUS KOGOYA MULAI TERPECAH, TOKOH AGAMA PAPUA RAMAI-RAMAI BANTU TNI POLRI

Banyak pihak yang berharap agar upaya yang akan dilakukan ini bisa membuahkan hasil yang gemilang, kasihan rakyat Papua yang sudah lama menderita, mereka juga membutuhkan suasana yang tenang, damai jauh dari tekanan untuk mejalani kehidupan normal sebagaimana saudara-saudaranya di daerah-daerah lain di bawah naungan NKRI, karena hidup tenang dan bahagia merupakan cita-cita semua umat manusia, termasuk saudara-saudara kita di Papua “Semoga esok hari Matahari akan terbit dari Timur menyinari semua”, demikian salah satu lirik lagu dari Edo Kondologit penyanyi asal Papua.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments