Jumat, April 19, 2024
BerandaAGAMAKKB EGIANUS KOGOYA MULAI TERPECAH, TOKOH AGAMA PAPUA RAMAI-RAMAI BANTU TNI POLRI

KKB EGIANUS KOGOYA MULAI TERPECAH, TOKOH AGAMA PAPUA RAMAI-RAMAI BANTU TNI POLRI

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Tokoh agama sepakat membantu TNI-Polri dalam membebaskan sandera yang hingga kini msaih ditawan Kelompok Kriminal Bersaenjata (KKB). Pernyataan ini disampaikan Pendeta Benny Giay dan Uskup Jayapura Mrg Yanuarius Theofilus Matopi You.
“Memang benar dalam pertemuan antara Dewan Gereja Papua dengan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhri terungkap tokoh agama akan memmbentuk tim yang akan diterjunkan melakukan negosiasi guna membebaskan sandera berkebangsaan Selandia Baru tersebut,” Kata Pendeta Benny Giay yang di damping Uskup Jayapura Mrg Yanarius Theofilus Matopai You. (Rabu 10/5/2023)

READ ALSO : KERAP LAKUKAN KEKERASAN, SUSI PUDJIASTUTI AJAK MASYARAKAT PAPUA TIDAK DUKUNG KKB

Pertemuan tersebut dilaksanakan mengingat pilot Susi Air sudah cukup lama berada dalam penyanderaan. Kasihan sandera sehingga kami akan membantu agar proses negosiasi dan pembebasan sandera dapat segera dilakukan,” kata Pendeta Giay.
Sementara Uskup Jayapura Yanuarius Theofilus Matopai You menambahkan bahwa pimpinan gereja sangat prihatin karena warga sipil menjadi korbannya. Secara pribadi keprihatinnnya diungkapkan apabila terjadi kontak tembak antara TNI-Polri dengan KKB atau TPNPB akan berdampak kepada masyarakat sipil, dimana mereka tidak bisa bertaktivitas dengan normal karena diliputi ketakutan.

Pendeta Benny Giay dan Uskup Jayapura Mrg Yanuarius Theofilus Matopi You (Elshinta.com)

READ ALSO : KEDEPANKAN DIALOG UNTUK SELESAIKAN MASALAH PAPUA

Sebelumnya para pemimpin gereja melakukan pertemuan terkait konflik yang terjadi. Pimpinan gereja tidak ingin adanya kekerasan dan pertumpahan darah terkait upaya penyelamatan pilotb Philip. “Kami minta kedepankan pendekatan kemanusiaan, pendekatan dialog, sehingga diharapkan muncul jeda kemanusiaan dan kedua belah pihak baik TNI-Polri maupun KKB menghentikan kekerasan, termasuk baku tembak hingga tercipta suasana yang baik agar negosiasi bisa berjalan,” tegas Uskup Jayapura.

Secara terpisah, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengapresiasi positif terkait inisiasi bantuan tokoh agama untuk bernegosiasi dengan KKB terkait upaya pembebasan pilot Susi Air. Pihaknya mengupayakan pencarian dan pembebasan sandera terus dilakukan ndengan mengedepankan negoisasi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments