Rabu, Mei 29, 2024
BerandaHANKAMBERANTAS SARANG DAN JENTIK NYAMUK, BABINSA KODIM KLUNGKUNG CEGAH DBD SAAT MUSIM...

BERANTAS SARANG DAN JENTIK NYAMUK, BABINSA KODIM KLUNGKUNG CEGAH DBD SAAT MUSIM HUJAN DATANG

Klungkung, “TABLOIDNUSANTARA” – Berbagai upaya terus dilakukan Kodim 1610/Klungkung dan jajarannya guna mengantisipasi terjadinya perkembangbiakan jentik nyamuk serta menekan penularan demam berdarah dengue (DBD) di wilayah binaannya.

Upaya antisipasi itupun terlihat saat Sertu I Wayan Wardana yang betugas sebagai Babinsa Semarapura Kaja bersama petugas juru pemantau jentik (Jemantik) desa menggelar kegiatan pemberantasan sarang nyamuk, pada Sabtu (25/06/22).

Ditemui dilokasi, Sertu Wayan mengatakan, musim hujan yang sudah mulai melanda beberapa hari belakangan ini harus menjadikan masyarakat lebih peka akan timbulnya penyakit yang berkaitan dengan musim hujan, salah satunya adalah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Untuk itu, hari ini kita terjun langsung menyambangi rumah-rumah warga untuk melaksanakan pemantauan serta pengecekan jentik nyamuk dan tempat-tempat yang berpotensi sebagai sarang nyamuk, sebagai upaya mencegah terjadinya penyebaran demam berdarah,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Dandim Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, S.H., M.Si., saat dikonfirmasi terpisah. Menurutnya, kegiatan yang digelar jajarannya merupakan upaya preventif dalam rangka menjadikan wilayah binaan bebas demam berdarah dengue (DBD), terlebih saat ini memasuki musim penghujan.

“Selama ini, fogging juga dikenal sebagai salah satu cara untuk mencegah DBD, tapi harus diingat bahwa fogging atau pengasapan bukan segalanya dan bukan satu-satunya upaya untuk memberantas DBD. Foging hanya bisa membunuh nyamuknya, bukan jentiknya,” jelas Dandim.

“Apabila jentik tidak diberantas, sama saja kita memberikan ruang dan waktu untuk nyamuk tumbuh dan berkembang biak. Jadi, hal yang paling efektif adalah lengkapi fogging dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara terus menerus supaya nyamuk tidak bertelur yang akhirnya bisa menjadi jentik,” tegasnya. (Kodim 1610/Klungkung)

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments