Kamis, Juli 25, 2024
BerandaNASIONAL“MENTAN PASTIKAN PENGAWASAN PRODUK PANGAN NASIONAL MELALUI LAUT DAN UDARA”

“MENTAN PASTIKAN PENGAWASAN PRODUK PANGAN NASIONAL MELALUI LAUT DAN UDARA”

JAKARTA, “TabloidNusantara.com” – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo didampingi dengan anggota Polairud Mabes Polri melaksanakan patroli laut di perairan Jakarta Utara, untuk memastikan pengawasan keluar masuknya produk pangan nasional sebelum tiba di gudang karantina Pelabuhan Tanjung Priok.

“Dalam keterang Persnya Mentan, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa kegiatan patroli laut ini dalam rangka pengawasan pertanian, lintas pertanian baik yang masuk ke indonesia maupun keluar indonesia.

Ini semua kita harus bisa mendeteksi, apa-apa yang terjadi pada aktivitas di pelabuhan-pelabuhan utama, “Dimana ini juga sudah masuk dalam MUO, kerjasama antara Kementan dengan Kapolri beberapa waktu lalu. Dengan sarana melalui laut maupun udara. “Ujarnya.

Mentan menambahkan, ke depan pihaknya akan memerintahkan Badan Karantina Pertanian untuk saling memperkuat pengawasan yang dilakukan bersama Polairud tethadap masuknya produk pangan ke Indonesia.

Ditempat lain, Direktur Polair Korpolairud Baharkam Polri, Brigjen Yassin Kosasih menyampaikan terimakasih atas kerjasama Kementan dengan Polri terhadap pengawasan pangan. Sejatinya, kata Yassin, patroli ini sudah digelar sejak awal tahun 2021, dimana dalam setiap kegiatannya selalu melibatkan Badan Karantina Pertanian.

“Patroli ini sudah berjalan dari awal tahun sesuai dengan kebutuhan, jika karantina membutuhkan dan mencurigai kapal-kapal yang disampaikan Bapak Menteri mungkin saja komoditas pertanian ini kurang baik dan atau adanya pangan berbahaya, sehingga kita harus melaksanakan patroli,” tambahnya.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong semua daerah di Indonesia melakukan ekspor produk pertanian serentak pada Akhir tahun 2021 mendatang. Langkah ini perlu dilakukan agar Indonesia mampu terus tumbuh melawan berbagai krisis dan gejolak ekonomi akibat pandemi.

Sumber : https://www.pertanian.go.id/

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments