Minggu, Juni 16, 2024
BerandaGeneralSEMPAT SERUKAN PAPUA MERDEKA, VANUATU RENCANAKAN BUKA KEDUTAAN DI RI

SEMPAT SERUKAN PAPUA MERDEKA, VANUATU RENCANAKAN BUKA KEDUTAAN DI RI

READ ALSO : TNI TIDAK BERUPAYA MENGHAMBAT NEGOSIASI PENYELAMATAN PILOT SUSI AIR

Untuk menunjukkan solidaritas kepada masyarakat Vanuatu, Indonesia juga telah memberikan bantuan kemanusiaan setelah Siklon Judy dan Kevin Maret lalu. “Ke depan, kami setuju untuk mengembangkan rencana kerja sama khusus negara untuk menetapkan area proyek prioritas guna memperkuat kerja sama pembangunan dengan Vanuatu,” tambahnya.

Retno dalam penjelasannya menyampaikan bahwa menjadi negara Pasifik sendiri, Indonesia memiliki banyak tantangan yang sama, mulai dari perubahan iklim, bencana alam, hingga masalah maritim. Itulah mengapa kami memiliki visi Pacific Elevation agar kami dapat bekerja sama untuk mengatasi tantangan bersama sebagai satu keluarga besar Pasifik. Indonesia-Pacific Forum for Development (IPFD) Desember lalu merupakan wujud dari visi tersebut. Itu menghasilkan banyak komitmen penting untuk mendukung negara-negara Pasifik,” jelasnya.

Pertemuan tersebut merupakan kunjungan pertama Menlu Vanuatu ke Indonesia dalam lebih dari satu dekade. Retno menyebut kunjungan Menteri Napat merupakan tonggak penting dalam hubungan bilateral kedua negara. Pernyataan tersebut menjadi tepat karena seperti diketahui bahwa Republik Vanuatu merupakan salah satu negara Pasifik yang pernah mengkritik Indonesia soal Papua di forum PBB. Representasi dari negara tersebut dilaporkan rutin menyerang RI mengenai HAM masyarakat Papua di sidang majelis umum setiap tahunnya. Negara Samudra Pasifik itu selalu memanfaatkan kesempatan berbicara di Sidang Majelis Umum PBB untuk masalah ini sejak tahun 2016.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments