Kamis, November 30, 2023
BerandaNASIONALKETUA BAWASLU KHAWATIRKAN KSTP GANGGU PEMILU 2024

KETUA BAWASLU KHAWATIRKAN KSTP GANGGU PEMILU 2024

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengkhawatirkan, aksi kelompok separatis teroris (KST) Papua mengancam kembali penyelenggaraan Pemilu 2024. Pada Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 lalu, kelompok separatis Papua berulah dengan membakar kantor KPU Yahukimo.

Oleh sebab itu, Bagja berharap aparat TNI/Polri dapat memperketat penjagaan dan keamanan selama Pemilu dan Pilkada 2024 berlangsung. Bawaslu diakuinya, menunggu rencana pengamanan oleh Polri/TNI.

READ ALSO : TNI/POLRI LIBATKAN 2.000 APARAT SELAMA KUNJUNGAN WAPRES KE JAYAPURA

“Sampai sekarang kami menunggu simulasi keamanan dari teman-teman Mabes Polri. Setidaknya rencana simulasi minimal sudah ada, sehingga kami bisa menaruh perhatian untuk teman-teman yang melaksanakan ini,” kata Bagja dalam keterangan persnya, Selasa (10/10/2023).

Selain ancaman KSTP, Bagja juga menyoroti penentuan daerah yang menerapkan sistem noken. KPU RI seharusnya dapat menentukan daerah-daerah yang dapat memberlakukan sistem noken. Bawaslu, kata Bagja, menyarankan pembatasan pemberlakuan sistem noken berdasarkan distrik. “Kami punya usulan noken per distrik bukan per-kabupaten/kota,” ucap Bagja.

Lanjutnya, Bagja menegaskan, Bawaslu terus mengingatkan persoalan DPT di provinsi-provinsi di Papua. Di antaranya, persoalan perekaman dan pencetakan KTP elektronik. “E-KTP belum menjangkau seluruh warga (Papua). Ini menjadi perhatian bersama baik pemerintah daerah, KPU, dan Bawaslu,” ujar Bagja.

READ ALSO : POLISI PASTIKAN PEMBUNUH MICHELLE KURUSI DOGA ADALAH ANGGOTA KNPB

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menuturkan pemerintah sudah mengantisipasi ancaman keamanan termasuk dari Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) di Papua menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. (dok : detik.com)

Menjawab kekhawatiran Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menuturkan pemerintah sudah mengantisipasi ancaman keamanan termasuk dari Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) di Papua menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal itu disampaikan Ma’ruf usai mengikuti Rapat Koordinasi Badan Pengarah Papua (BPP) terkait kesiapan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sentra sarana dan prasarana pemerintah provinsi di empat Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua dan kebijakan pendukung lainnya.

“Sudah disiapkan artinya sudah segala sesuatunya termasuk pelaksanaan teknis, masalah keamanan, masalah penyelenggaraan, pembiayaan dan semuanya,” kata Ma’ruf Amin dikutip dari Youtube Setwapres, Selasa (10/10/2023).

READ ALSO : PROGRAM TNI MANUNGGAL AIR, ATASI KESULITAN RAKYAT PAPUA

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments