BerandaHANKAMTOKOH MUDA PAPUA APRESIASI LANGKAH TNI AD TANGANI KONFLIK PAPUA

TOKOH MUDA PAPUA APRESIASI LANGKAH TNI AD TANGANI KONFLIK PAPUA

PAPUA, Tabloidnusantara.com” – TNI Angkatan Darat di bawah kepemimpinan Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman telah memperoleh apresiasi tinggi dari tokoh muda Papua, Steve Mara atas langkah-langkah yang diambil dalam rangka penanganan konflik di Papua. Apresiasi ini disampaikan oleh Steve Mara saat menghadiri Seminar TNI AD VII Tahun 2023 dengan tema “Strategi Penyelesaian Permasalahan Konflik Papua” yang berlangsung selama dua hari di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (SESKOAD).

Steve Mara, seorang lulusan Universitas Pertahanan yang juga memiliki akar Papua, memandu jalannya diskusi selama seminar tersebut. Ia menyampaikan penghargaannya terhadap langkah-langkah konstruktif yang diambil oleh KSAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dan jajaran TNI AD dalam menangani konflik di Papua.

READ ALSO : LBH PAPUA HIMBAU PEMERINTAH PEDULI KONDISI PENGUNGSI AKIBAT KONFLIK YAHUKIMO

Menurut Steve Mara, upaya yang dilakukan oleh TNI AD dapat dianggap sebagai “jalan tengah” yang efektif untuk mempercepat program-program kementerian dan lembaga terkait dalam menyelesaikan konflik di Papua. Ia menjelaskan bahwa pendekatan yang digunakan saat ini adalah pendekatan lembut, yang berfokus pada menyentuh hati masyarakat Papua.

“Ini sangat positif karena banyak tindakan konkret yang telah dilakukan oleh TNI AD langsung kepada masyarakat Papua,” kata Steve Mara. Ia menyebutkan beberapa tindakan, seperti pengajaran, penyuluhan kesehatan, pembagian bahan makanan gratis, pembangunan gereja, jalan, dan saluran air gratis. Namun, ia juga mencatat bahwa ketika pos TNI AD diserang oleh kelompok bersenjata dan ada korban di pihak TNI, satuan tugas yang bertanggung jawab justru menunjukkan sikap tanggung jawab dengan menilai diri sendiri dan mencari cara untuk memperbaiki kelalaian dalam tugas.

READ ALSO : PERCEPAT PEMBANGUNAN PAPUA, ANGGOTA DPR RI APRESIASI APARAT TUMPAS KSTP

Steve Mara sangat menghargai pengorbanan yang telah diberikan oleh TNI AD dalam upaya membangun Papua. Ia menyebutkan bahwa berbagai program dari Mabes TNI, Kogabwilhan, Kodam XVII/Cenderawasih, dan Kodam XVIII/Kasuari, serta satuan-satuan Korem, Kodim, dan Yonif di seluruh tanah Papua telah bekerja tanpa lelah untuk membangun daerah tersebut. Kami mendukung semua kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh TNI AD dan upaya-upaya damai dalam menciptakan Papua sebagai Tanah Damai sesungguhnya,” tutup Steve Mara.

Seminar ini menjadi wadah penting untuk mengkaji langkah-langkah konkret dalam menangani konflik di Papua. Apresiasi dari Steve Mara menunjukkan bahwa kerja keras TNI Angkatan Darat di bawah kepemimpinan Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman telah mendapatkan pengakuan dan dukungan dari tokoh muda Papua yang memiliki harapan besar untuk masa depan Papua yang lebih damai dan sejahtera.

READ ALSO : APRESIASI APARAT TEGAKKAN HUKUM SECARA TEGAS KEPADA 5 ANGGOTA KSTP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version