Rabu, Mei 29, 2024
BerandaNASIONALPERCEPAT PEMBANGUNAN PAPUA, ANGGOTA DPR RI APRESIASI APARAT TUMPAS KSTP

PERCEPAT PEMBANGUNAN PAPUA, ANGGOTA DPR RI APRESIASI APARAT TUMPAS KSTP

JAKARTA, Tabloidnusantara.com” – Baku tembak antara TNI dengan kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) menewaskan 5 orang anggota KSTP. Anggota DPR RI Fraksi PPP Syaifullah Tamliha mengapresiasi penegakan hukum secara tegas yang dilakukan TNI. “Kita patut memberikan apresiasi untuk menumpas KSTP yang terus-menerus melakukan tindakan teror kepada masyarakat di Papua,” kata Syaifullah kepada wartawan, Jumat (15/9/2023).

Syaifullah menyebut penting bagi TNI untuk menindak tegas KSTP. Bila tidak, maka akan berisiko pada pembangunan di Papua. “Sebab tanpa tindakan tegas seperti itu, maka pembangunan di Papua mengalami perlambatan dari Provinsi lain di NKRI ini. Secara kalkulasi militer TNI jauh lebih unggul ketimbang KSTP,” terang Syaifullah.

Meski begitu, baginya tidak perlu operasi besar-besaran memberantas KSTP. “Yang dibutuhkan TNI di Papua sesungguhnya adalah struktur yang lengkap di setiap jajaran TNI dari Kodam sampai Koramil dan Babinsa di Papua sebagai tanda negara hadir di rakyat Papua,” lanjutnya.

READ ALSO : TPNPB-OPM BANTAH LIMA ANGGOTANYA TEWAS, APARAT YAKINKAN KORBAN ANGGOTA KSTP YOTAM BUGIANGGE

Aparat saat mengevakuasi lima jenazah anggota KKB yang tewas dalam kontak tembak di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. (dok : detik.com)

Diketahui, peristiwa baku tembak tersebut terjadi di Kali Brasa, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Kamis (14/9) sekira pukul 14.50 WIT. Saat ini, kelima jenazah anggota KSTP tersebut telah dievakuasi ke rumah sakit. “Kelima jenazah tersebut dievakuasi setelah kejadian kontak tembak antara TNI dan KSTP,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dilansir detikSulsel, Jumat (15/9/2023).

Selain kelima jenazah, aparat gabungan TNI-Polri juga menemukan sejumlah barang bukti. Di antaranya, 2 magasin senjata api, 4 butir peluru, serta barang-barang milik pribadi. “Semua barang bukti kini telah diamankan di Polres Yahukimo guna kepentingan penyelidikan,” imbuhnya.

READ ALSO : LBH PAPUA HIMBAU PEMERINTAH PEDULI KONDISI PENGUNGSI AKIBAT KONFLIK YAHUKIMO

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments