Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaNASIONALSUKSESKAN PEMILU, SEMUA ELEMEN BERKOLABORASI DAN BERSINERGI

SUKSESKAN PEMILU, SEMUA ELEMEN BERKOLABORASI DAN BERSINERGI

SEMARANG, “tabloidnusantara.com” – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menekankan agar semua elemen berkolaborasi dan bersinergi, untuk menciptakan kesuksesan Pemilu 2024 di Jawa Tengah.

Kolaborasi dan sinergisitas itu perlu dilakukan oleh penyelenggara Pemilu (KPU, Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu/DKPP), peserta pemilu (Parpol, Caleg), pemerintah, dan seluruh komponen masyarakat.

“Dimana ada tiga indikator keberhasilan dalam pemilu, meliputi partisipasi pemilih yang tinggi, tidak ada konflik yang merusak persatuan, serta pemerintahan dan pelayanan masyarakat berjalan tanpa gangguan, ” kata Nana Sudjana, saat Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka persiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024 atau Pengamanan Pemilu 2024, yang diselenggarakan oleh Polda Jateng di Hotel Patra Jasa, Kota Semarang, Selasa (10/10/2023).

READ ALSO : JAGA KONDUSIFITAS, POLRES PUNCAK JAYA MUSNAHKAN ALAT PERANG DAN MIRAS

Nana menjelaskan, sejumlah peran pemerintah dalam perhelatan pemilu meliputi penyusunan data kependudukan, memberikan perlindungan hukum dan keamanan, pelaksanaan kampanye, percetakan dan distribusi logistik, serta menjamin netralitas aparatur sipil negara (ASN), dari pengaruh dan intervensi semua golongan atau partai politik.

Saat ini, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Jawa Tengah pada Pemilu 2024 mencapai 28.289.413 orang pemilih, terdiri dari 14.113.893 orang laki-laki dan 14.175.520 orang perempuan. Penyusunan data pemilih ini terus dikoordinasikan dengan KPU sebagai penyelenggara pemilu,” jelas Nana.

Foto Istimewa Humas Jateng

READ ALSO : APAKAH EGIANUS KOGOYA MASIH HIDUP ?

Terkait pengamanan di, Pemprov Jateng terus meningkatkan kolaborasi dengan Polda Jateng dan Kodam IV/ Diponegoro.

“Data dari Bawaslu, Jawa Tengah ada tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah yang masuk dalam kategori rawan tinggi seperti disampaikan Kapolda dan Pangdam, yaitu Kota Semarang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Kendal.

Nana menyatakan, secara prinsip Jawa Tengah sudah siap untuk melaksanakan Pemilu 2024 dengan aman dan damai. Pemetaan wilayah rawan juga sudah dilakukan bersama dengan penyelenggara pemilu dan TNI-Polri. Secara umum berdasarkan indeks kerawanan pemilu, Jawa Tengah masuk dalam kategori rawan sedang.

Oleh karena itu, Pj Gubernur meminta, pemetaan harus terus dilakukan, termasuk mengawasi penyebaran berita hoaks selama tahapan pemilu. Sebab waktu kampanye pemilu kali ini hanya sela 75 hari, sehingga manuver dan aktivitas peserta kampanye akan sangat masif.

READ ALSO : BERTENTANGAN AJARAN AGAMA, PENDETA YONES WENDA DESAK EGIANUS BEBASKAN PILOT SUSI AIR

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments