Senin, Mei 27, 2024
BerandaKESEHATANSATGAS PAMTAS TNI GUNAKAN TANDU EVAKUASI WARGA MUMUGU YANG SAKIT KERAS

SATGAS PAMTAS TNI GUNAKAN TANDU EVAKUASI WARGA MUMUGU YANG SAKIT KERAS

PAPUA, Tabloidnusantara.com” – Aksi sigap diperlihatkan oleh personel Satgas Pamtas Mobile Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad saat mengevakuasi seorang warga yang sakit keras menggunakan tandu di Pedalaman Papua, bertempat di Kampung Mumugu, Distrik Sawa Erma.

“Anggota kami di Pos Kout Batas Batu bersama warga setempat mengevakuasi bapak Gasing (55) warga yang sakit keras untuk selanjutnya dengan menggunakan speed boat akan dibawa ke RSUD Agast,” ujar Dansatgas Mobile Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Letkol Inf Subandi, dalam keterangan tertulisnya di Kota Keneyam, Kabupaten Nduga, Minggu (27/8/2023)

READ ALSO : EVAKUASI JENASAH AKTIVIS SOSIAL PAPUA, APARAT KEAMANAN TEMUKAN LUKA AKIBAT SAJAM

Berdasarkan laporan salah satu warga bernama Haji Ula tersebut, anggota Pos Kout Batas Batu dipimpin Dantonkses Satgas Letda Ckm Akhmad Fadlillah, A.Md. Kep., bersama dengan warga langsung membantu proses evakuasi Gasing menggunakan tandu darurat menuju pelabuhan.

Anggota Satgas Pamtas TNI pakai tandu bantu masyarakat berobat ke
RSUD Agats. (tniad.mil.id)

“Evakuasi tersebut dilakukan karena sakit yang diderita Gasing harus segera mendapatkan penanganan lebih lanjut, sebelumnya secara rutin personel Kesehatan Pos Kout Batas Batu bersama Puskesmas Mumugu bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan sebelum akhirnya sepakat harus segera di evakuasi,” ucap Letkol Inf Subandi.

Terpisah, Letda Ckm Akhmad Fadlillah selaku Dantonkses Satgas mengatakan, dirinya mendapatkan perintah untuk mengevakuasi Gasing, selanjutnya berkoordinasi dengan puskesmas agar segera dibawa ke RSUD Agast menggunakan speed boat untuk penanganan lebih lanjut.

“Sesuai arahan Dansatgas, kami akan selalu semangat, tulus dan ikhlas dan sigap membantu segala kesulitan masyarakat di Pedalaman Papua dengan segala keterbatasan yang ada di sini,” ujarnya.

READ ALSO : MSG MINTA PASIFIC ISLANDS FORUM PASTIKAN KOMISI HAM PBB KE PAPUA

Menurutnya, anggota Satgas selalu siap membantu masyarakat. Selain mengevakuasi Gasing, sering kali personel juga memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat yang dilaksanakan bersinergi dengan Puskesmas Mumugu.

Atas upaya evakuasi itu, salah satu tokoh masyarakat Haji Ula mengucapkan terima kasih kepada Satgas Mobile Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad.

“Terima kasih kami ucapkan kepada anggota Pos Kout Batas Batu yang sigap untuk membantu evakuasi, dan membantu menyiapkan kendaraan berupa speed boat untuk menuju ke RSUD Agast,” ucapnya.

READ ALSO : MSG TEGAS AKUI KEDAULATAN INDONESIA ATAS PAPUA

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments