Rabu, Mei 29, 2024
BerandaHANKAMPJ BUPATI NDUGA LAKUKAN NEGIOSASI BERTEMU DENGAN EGIANUS KOGOYA

PJ BUPATI NDUGA LAKUKAN NEGIOSASI BERTEMU DENGAN EGIANUS KOGOYA

PAPUA “tabloidnusantara.com” ~ Penjabat (Pj) Bupati Nduga, Edison Gwijangge saat ini sedang melakukan upaya negoisasi dengan bertemu langsung dengan kelompok Egianus Kogoya dalam proses pembebasan Pilot Susi Air.

Pertemuan antara Pj Bupati Nduga dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya tersebut dibenarkan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. Kapolda jelaskan bahwa sampai saat ini upaya negoisasi masih terus dilakukan. Aparat TNI Polri dan pemerintah daerah, dalam rangka membebaskan pilot Susi Air Capt Philip Merk Marthens.

Kapolda sampaikan saat ini pihaknya masih menunggu informasi yang nantinya akan disampaikan Pj Bupati Nduga Edison Gwijangge. “Dari hasil pertemuan dengan kelompok Egianus Kogoya, nantinya akan ada langkah-langkah yang diambil, untuk membebaskan pilot tersebut,” kata Kapolda.

READ ALSO : PENGALAMAN PROVOKASI KNPB, POLISI HARUS CARI SEBAB KERUSUHAN DOGIYAI

Kapolda papua juga meminta dukungan doa dari semua pihak agar segala upaya yang dilakukan baik TNI Polri maupun pemerintah dapat berjalan dengan baik dan pilot Susi Air dapat segera dibebaskan.

Dia meminta publik untuk bersabar atas proses pembebasan pilot berkewarganegaraan Selandia Baru tersebut. Sebab, seluruh unsur tengah berupaya mencari solusi terbaik. “Ini semua bagian daripada negosiasi dari semua unsur baik aparat TNI-Polri maupun pemerintah, untuk bisa duduk bersama mencari solusi terbaik atas kasus penyanderaan ini,” tutur Fakhiri.

Panglima TNI menyerahkan proses negosiasi pembebasan pilot Susi Air Philips Mark Methrtens kepada Penjabat (Pj) Bupati Nduga Edison Gwijangge. (kompas.com)

READ ALSO : HINDARI RESIKO KORBAN, OPERASI MILITER BUKAN OPSI PEMBEBASAN PILOT SUSI AIR

Sebelumnya secara terpisah Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan pihaknya terus memantau perkembangan proses negosiasi kepada pemerintah daerah, termasuk tokoh adat. Panglima Yudo menekankan pihaknya tidak mengerahkan pasukan dalam pembebasan pilot Susi Air, karena menghindari potensi jatuhnya korban jiwa terutama dari pihak masyarakat.

Yudo mengungkapkan, Edison tengah berada di Wamena untuk menyiapkan pesawat dalam rangka upaya pembebasan Methrtens. “Untuk pilot, kita sudah percayakan kepada Pj Bupati Nduga untuk melaksanakan negosiasi, dan saat ini Pak Bupati dimonitor sedang berada di Wamena untuk menyiapkan pesawat,” kata Yudo di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (4/7/2023). Yudo menyebutkan, mendapatkan pesawat bukanlah hal mudah karena mereka takut untuk mendekati lokasi yang sudah disepakati oleh pihak pemerintah dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menyandera Methrtens.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah mengerahkan segala upaya untuk membebaskan pilot Susi Air, Philips Mark Mehrtens, yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Dia menyebut semua jurus telah digunakan. Dia juga telah menggelar rapat di Papua terkait proses pembebasan sang pilot bersama kementerian dan lembaga. Kendati demikian, Presiden mengatakan tidak bisa mengungkapkan detail apa-apa saja yang menjadi isi pembahasan rapat tersebut.

READ ALSO : KIPRAH JEFFRY BOMANAK SANG PEMIMPIN YANG TAK ADA DALAM ORGANISASI TPNPB DI 36 KODAP

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments