Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaHOMEKRIMINALPEMBUNUHAN MICHELLE KURISI TERUNGKAP, SATU-SATU PELAKU ANGGOTA KNPB DITANGKAP

PEMBUNUHAN MICHELLE KURISI TERUNGKAP, SATU-SATU PELAKU ANGGOTA KNPB DITANGKAP

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz 2023 berhasil menangkap pria berinisial JW yang merupakan tersangka kasus pembunuhan terhadap aktivis perempuan Papua, Michelle Kurisi Nduga. Soal penangkapan ini, disampaikan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, Jumat (10/11/2023), di Kota Jayapura, Papua.

Kapolda mengatakan, JW ditangkap pada Kamis malam, 9 November 2023 di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. “Saya sudah bilang, kita akan kejar semua pelaku. JW kita tangkap di Wamena, kemarin malam,” kata Kapolda. Irjen Fakhiri juga menegaskan, aparat keamanan terus mengejar tiga pelaku lainnya lantaran jumlah pelaku dalam kasus ini ada tujuh orang.

Ia menjelaskan, aparat keamanan telah mengetahui identitas para pelaku dan perannya dalam kasus pembunuhan tersebut, termasuk JW yang diduga kuat menjadi pelaku yang merekam aksi pembunuhan terhadap almarhumah Michelle Kurisi. “JW ini yang merekam dan mengambil HP korban. Saat ditangkap, HP korban juga kita berhasil amankan,” kata Kapolda.

READ ALSO : KSTP BERULAH LAGI, KALI INI BAKAR RUMAH WARGA DAN RUSAK SMPN 1 GOME

Aparat keamanan telah mengetahui identitas para pelaku dan perannya dalam kasus pembunuhan tersebut, termasuk JW yang diduga kuat menjadi pelaku yang merekam aksi pembunuhan terhadap almarhumah Michelle Kurisi. (dok : disway.id)

Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno kepada wartawan menyampaikan bahwa sebelumnya aparat keamanan gabungan telah berhasil menangkap tersangka lainnya yakni PM, AW dan RK alias RM yang merupakan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Baliem Barat.

AKBP Bayu Suseno menjelaskan bahwa penangkapan dilakukan berdasarkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) nomor : DPO/12/X/Res.1.7/2023/Ditreskrimum tanggal 13 Oktober 2023. Menurutnya, JW memiliki peran sebagai pelaku yang ikut dalam merencanakan pembunuhan, menjemput korban dari hotel, kemudian bersama-sama pelaku lainnya membawa korban ke lokasi pembunuhan. “Serta dia yang memvideokan kegiatan interogasi dan pembunuhan terhadap korban Michelle Kurisi,” ungkap Bayu.

JW bakal dijerat oleh beberapa pasal. Kendati demikian, penyidik Polri masih melakukan pemeriksaan mendalam terhadap JW. “Saat ini pelaku masih kami lakukan pemeriksaan untuk proses penyidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Diketahui kasus pembunuhan aktivis perempuan Papua, Michelle Kurisi Ndoga terjadi di Distrik Koloak Atas, Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan pada 28 Agustus 2023. Sebelum jenazah korban ditemukan oleh aparat keamanan, video aksi pembunuhan terhadap Michelle Kurisi tersebar luas di media sosial.

READ ALSO : MOMEN HARI PAHLAWAN, APARAT ANTISIPASI ANCAMAN KSTP DI PUNCAK PAPUA

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments