Kamis, Mei 30, 2024
BerandaHANKAMMOMEN HARI PAHLAWAN, APARAT ANTISIPASI ANCAMAN KSTP DI PUNCAK PAPUA

MOMEN HARI PAHLAWAN, APARAT ANTISIPASI ANCAMAN KSTP DI PUNCAK PAPUA

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) atau dikenal sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terlibat aksi kontak tembak dengan Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/Braja Wijaya. Insiden baku tembak itu terjadi wilayah Tanah Merah (Gome), Kabupaten Puncak, Papua Tengah, tepatnya di momen hari Pahlawan Nasional, Jumat (10/11/2023).

Dansatgas Yonif Raider 300/Bjw Letkol Inf Afri Swandi Ritonga mengatakan, kejadian itu terjadi sekira pukul 07.37 WIT. Kronologi baku tembak KSTP dan prajurit Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/Bjw itu, berawal dari informasi masyarakat setempat, bahwa di salah satu honai yang ada di wilayah Tanah Merah, ada kumpulan sekitar 6 orang yang tidak dikenal, dan gelagatnya mencurigakan hendak mengganggu keamanan.

READ ALSO : KSTP BERULAH LAGI, KALI INI BAKAR RUMAH WARGA DAN RUSAK SMPN 1 GOME

Mengantisipasi hal itu, kemudian Dansatgas memerintahkan Danpos Gome Lettu Inf Reza Pahlawan dengan 3 tim untuk mengecek situasi di Tanah Merah. “Nah, ketika Tim Satgas 300 mendekati Honai yang dicurigai tersebut, terdengar teriakan “lari-lari”, kemudian 6 orang pria keluar dari Honai dengan membawa 1 pucuk senjata laras panjang sambil menembak ke arah personel TNI yang melakukan pemeriksaan,” ujar Afri dalam rilisnya yang diterima, Sabtu (11/11/2023).

Sementara itu Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa membenarkan telah terjadi kontak tembak antara Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) Teroris dengan Prajurit TNI dari Satgas Batalyon Infanteri Raider 300/Braja Wijaya.

Menurut keterangan dari Dansatgas Baku tembak dengan KSTP berlangsung singkat, namun pihaknya terus mengejar anggota KSTP yang berhasil kabur meninggalkan Honai menuju hutan. Dari operasi pemeriksaan tersebut sejumlah peralatan milik KSTP berhasil diamankan setelah terjadi kontak tembak.

READ ALSO : KSTP SERANG DAN BAKAR KAMP PENAMBANG, SATU PEKERJA TEWAS MENGENASKAN

Barang bukti yang ditemukan di dalam Honai yang diduga tempat persembunyiaan KSTP itu, diantarannya 1 buah teropong jenis Baigish Rusia, 1 buah HT Kenwood, 1 buah HP OPPO, 1 buah telepon genggam polyponik Nokia, 2 buah senter, 1 buah headshet HT dan 1 buah teropong kecil. (dok : legion-news.com)

Kapen Kogabwilhan III  membeberkan bahwa barang bukti yang ditemukan di dalam Honai yang diduga tempat persembunyiaan KSTP itu, diantarannya  1 buah teropong jenis Baigish Rusia, 1 buah HT Kenwood, 1 buah HP OPPO, 1 buah telepon genggam polyponik Nokia, 2 buah senter, 1 buah headshet HT dan 1 buah teropong kecil.

Gusti mengatakan pasca aksi baku tembak itu, situasi keamanan wilayah Puncak masih dapat terkendali, masyarakatpun sudah beraktifitas normal. “Laporan dari Satgas di wilayah Puncak memang benar kejadian tersebut, TNI sudah antisipasi dengan kesiapsiagaan untuk memberikan rasa aman di masyarakat, dan ini berkat informasi dari masyarakat,” terang Gusti.

READ ALSO : WUJUD TANGGUNG JAWAB LINDUNGI MASYARAKAT, APARAT KUASAI MARKAS KSTP

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments