Jumat, April 19, 2024
BerandaHANKAMPASCA SERANG POS BRIMOB YAHUKIMO, DUA ANGGOTA KKB TEWAS DITEMBAK APARAT GABUNGAN

PASCA SERANG POS BRIMOB YAHUKIMO, DUA ANGGOTA KKB TEWAS DITEMBAK APARAT GABUNGAN

PAPUA, tabloidnusantara.com” – Satgas gabungan Ops Damai Cartenz menggerebek markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap XVI Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka, Selasa (1/8). Dua personil KKB tewas dan sisanya diamankan bersama barang bukti.

Kepala Operasi Damai Cartenz, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan bahwa personel gabungan TNI Polri menggerebek dan melakukan penindakan di markas KKB yang berlokasi di belakang Kantor Bupati Yahukimo. “Penindakan ini dilakukan menyikapi gangguan tembakan yang diduga dilakukan oleh KKB pimpinan Kopi Tua Heluka ke arah Pos Brimob Paradiso Yahukimo pada hari senin tanggal 31 Juli 2023 kemarin,”, ujar Faizal.

READ ALSO : UPAYA KEMANUSIAAN BENCANA KEKERINGAN PAPUA TERHAMBAT GANGGUAN KKB

Faizal mengatakan bahwa pasca kejadian personel gabungan melakukan penyisiran di area Pasar Lama, dan berhasil mengamankan 1 anggota KKB berinisial AS yang mengaku dirinya mengetahui 2 pelaku penyerangan Pos Brimob. Dari hasil interogasi terhadap AS pihaknya mendapat informasi lokasi markas KKP pimpinan Kopi Tua Heluka dan langsung melakukan penggerebekan di TKP yang berada di dalam hutan di belakang Kantor Bupati Yahukimo.

“Saat penggerebekan, terjadi perlawan dari KKB sehingga kontak tembak antara KKB dan aparat gabungan TNI-POLRI tidak terhindarkan. Akibat dari kontak tembak tersebut, 2 anggota KKB berhasil dilumpuhkan dan meninggal dunia ditempat. Sedangkan satu anggota Satgas Nusa I bernama Bharatu Jogianus Ricko terkena luka tembak pada paha kiri dan telah di evakuasi ke RSUD Dekai Yahukimo, kondisinya dalam keadaan sadar”, ungkap Faizal.

Penampakan barang bukti berupa 6 pucuk senjata api rakitan beserta amunisi, 60 anak panah, 6 parang dan 1 kapak beserta barang bukti lainnya berupa aksesori bermotif Papua Merdeka. (kumparan.com)

READ ALSO : PEMERINTAH BAHU MEMBAHU DENGAN TNI AMANKAN PENDISTRIBUSIAN BANSOS KE PAPUA

Selain berhasil menembak mati 2 orang anggota KKB, aparat gabungan juga menemukan barang bukti berupa 6 pucuk senjata api rakitan beserta amunisi, 60 anak panah, 6 parang dan 1 kapak beserta barang bukti lainnya berupa aksesori bermotif Papua Merdeka. “1 anggota KKB inisial AS dan sejumlah barang bukti telah diamankan ke Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan dan proses identifikasi lebih lanjut,” ujar Faizal

Keberhasilan aparat gabungan Ops Damai Cartenz dalam penggerebegan markas KKB pasca aksi teror yang dilakukannya merupakan upaya serius dalam penegakan hukum secara terukur demi menciptakan situasi keamanan yang kondusif di wilayah Yakuhimo. Masyarakat berharap upaya penegakan terus dilakukan demi menghentikan aksi teror KKB Papua yang meresahkan masyarakat dan sering menimbulkan korban jiwa dari setiap aksinya.

READ ALSO : MAKIN BERANI, KKB SERANG POS BRIMOB POLDA PAPUA BKO POLRES YAHUKIMO

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments