Rabu, Juni 19, 2024
BerandaGeneralPANGLIMA TNI TANGGAPI ANCAMAN KKB YANG AKAN TEMBAK PILOT SUSI AIR

PANGLIMA TNI TANGGAPI ANCAMAN KKB YANG AKAN TEMBAK PILOT SUSI AIR

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menanggapi video Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang mengancam akan menembak pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, jika tuntutan mereka soal negosiasi kemerdekaan tidak dipenuhi dalam waktu dua bulan.

Yudo Margono menegaskan pihaknya terus berupaya untuk menyelamatkan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.Hal ini disampaikan Panglima TNI usai menghadiri Rapat Koordinasi Sinergisitas Pemerintah Dalam Menjaga Stabilitas Politik dan Keamanan untuk Menyukseskan Pemilu 2024 di Kuningan, Jakarta, Senin (29/5/2023).

“Tadi sudah disampaikan Pak Mahfud ya, kita tidak bisa menjelaskan secara detail tentang apa namanya taktik, strategi kita. Tentunya kita berusaha untuk menyelamatkan,” kata Yudo melanjutkan penjelasannya.  Proses penyelamatan dilakukan secara hati-hati agar tak menimbulkan korban jiwa. “Tetap berusaha menyelamatkan pilot dengan tidak menimbulkan korban jiwa baik dari masyarakat,” tegasnya.

READ ALSO : YAKINI MENYENGSARAKAN WARGANYA, BUPATI NDUGA YERIUS GUJANGKE AJAK LAWAN KKB

Pilot Susi Air (KKB)

Disinggung soal kendala yang dihadapi dalam upaya pembebasan pilot Susi Air, Yudo mengatakan cuaca dan medan menjadi kendala utama. “Sudah disebutkan Pak Presiden (Joko Widodo atau Jokowi) juga ada kendala cuaca, kendala medan juga ada. Kita ada kendala-kendala yang tidak harus saya buka di media,” jelasnya.

Di sisi lain, dia menekankan pihaknya terus memaksimalkan negosiasi dengan menggandeng pemerintah daerah, tokoh agama hingga tokoh masyarakat setempat.

Sebelumnya, video ancaman itu beredar lantaran KKB pimpinan Egianus Kogoya ingin menembak pilot Susi Air yang sudah disandera beberapa waktu lalu. Video itu diketahui berdurasi 1 menit lebih 11 detik, Egianus mengatakan bahwa akan memberikan waktu dua bulan untuk bernegosiasi untuk membebaskan Kapten Philips Max Marten asal Selandia Baru itu.

READ ALSO : PEMBEBASAN PILOT SUSI AIR ADALAH MASALAH KEDAULATAN NKRI

“Kalau tidak ada pembicaraan, maka kami akan tembak pilot,” kata Egianus dalam video tersebut. Dalam video yang dirilis KKB itu, tampak kondisi Kapten Philips Max Marten sambil memegang bendera bintang kejora. Dalam Video itu juga Philips Mark Marten mengatakan bahwa para separatis ini menginginkan negara selain Indonesia untuk terlibat dalam dialog tentang kemerdekaan Papua. “Negara yang lain, jika tidak bicara dengan Indonesia dalam waktu dua bulan, mereka akan tembak saya,” kata Marten dalam video.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments