Selasa, Mei 21, 2024
BerandaHANKAMPANGLIMA TNI : OPSI NEGOISASI JADI PILIHAN BEBASKAN PILOT SUSI AIR

PANGLIMA TNI : OPSI NEGOISASI JADI PILIHAN BEBASKAN PILOT SUSI AIR

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan upaya pembebasan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, yang disandera KKB Papua hanya bisa dilakukan dengan negosiasi. Dikatakannya, opsi negosiasi jauh lebih baik ketimbang opsi penyerangan. Karena jika opsi kedua ini dilakukan, maka efek yang ditimbulkan akan jauh lebih besar. Bahkan opsi itu akan mendatangkan dampak yang lebih luas bagi masyarakat dan daerah.

Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan itu merespon sorotan pelbagai pihak yang mempertanyakan sikap TNI Polri dalam membungkam kelompok warga sipil bersenjata yang tak beradab itu. Dia menyebutkan bahwa sampai saat ini pemerintah masih terus berusaha untuk melakukan negosiasi. Komunikasi-komunikasi dengan Kelompok Separatis Teroris itu juga terus dibangun sehingga bisa tercapai kesepakatan tentang pembebasan tawanan tersebut.

READ ALSO : DILANDA KEKERINGAN, TNI KIRIM BANTUAN KEMANUSIAAN KE ILAGA PAPUA

Menurut Yudo Margono, pemerintah juga tetap pada pilihan melakukan negosiasi, sebab hanya dengan cara itu, pemerintah mencegah pelbagai kemungkinan buruk yang tidak diinginkan. Sebagai negosiator, lanjut dia, pemerintah mempercayakan itu kepada Penjabat Bupati Nduga, dengan melibatkan para tokoh adat, tokoh agama maupun tokoh masyarakat.

Sebagai negosiator, lanjut dia, pemerintah mempercayakan itu kepada Penjabat Bupati Nduga, dengan melibatkan para tokoh adat, tokoh agama maupun tokoh masyarakat. Untuk kepentingan itu, katanya, tentunya tak bisa ada batas waktu. Karena yang namannya negosiasi senantiasa butuh keterlibatan banyak pihak.

Selain keamanan masyarakat juga tercipta, lanjut Panglima TNI, masyarakat juga tetap beraktivitas seperti biasa. Bahkan lebih dari itu, kedamaian yang diupayakan perlahan-lahan bisa tercipta sebagaimana yang diharapkan.

Akan tetapi, katanya, kalau pemerintah memilih opsi sebaliknya, yakni menyerang atau menggempur KKB Papua, maka dampak yang ditimbulkan akan sangat besar. Kerusakan, korban jiwa, korban luka-luka, trauma, konflik, dendam, saling curiga, ketidaknyamanan warga dan lainnya tentu akan terjadi di Papua.

Pemerintah RI bersama dengan seluruh jajaran aparat keamanan dari personel gabungan akan terus menangani persoalan mengenai misi pembebasan Pilot Susi Air dengan sudut pandang yang sangat luas dan komprehensif. (okezone)

READ ALSO : PEMERINTAH PASTIKAN KEAMANAN PAPUA DAN UPAYAKAN PEMBEBASAN PILOT SUSI AIR

“Makanya, kalau dilakukan penyerangan, lantas yang rugi siapa? Kan pasti masyarakat. Bisa saja ada yang terkena *tembak). Makanya yang terus dilakukan pemerintah saat ini, adalah kedepankan negosiasi,” ujar Yudo Margono.

Dia juga menyebutkan, bahwa untuk kepentingan negosiasi, Penjabat Bupati Nduga, sudah menyatakan sanggup. “Penjabat Bupati Nduga sanggup melakukan itu. Artinya, negosiasi merupakan pilihan yang paling tepat untuk mengakhiri kasus penyanderaan pilot berkewarganegaraan Selandia Baru itu,” kata Yudo Margono di Balai Sudirman, Jakarta, Jumat 21 Juli 2023.

Yudo juga mengingatkan, bahwa upaya negosiasi itu tidaklah mudah. Apalagi kondisi geografis Papua yang terbilang berat, membuat mobilitas tim untuk negosiasi menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, kata Yudo Margono, tidak ada batasan bagi tim negosiasi untuk melakukan tugasnya. “Kita tungu sajalah seperti apa hasilnya nanti. Tapi saat ini upaya negosiasi tetap dilaksanakan,” kata mantan KSAL itu.

Ia juga menyebutkan bahwa sampai sekarang pilot Susi Air, Philips Mark Merthens senantiasa sehat. Pilot berkebangsaan Australia itu selalu dijaga KKB selama dalam tawanan. “Ya Alhamdulillah, sesuai informasi sehat,” katanya.

Yudo juga menambahkan, selagi tim negosiasi bekerja, aparat TNI tetap bertugas menjaga situasi keamanan di Papua. “Kita tetap menjaga situasi supaya tetap kondusif di semua kabupaten, semua distrik. Kita selalu menjaga bersama-sama Polri menjaga situasi supaya tetap terkendali,” kata Yudo.

READ ALSO : PANGLIMA TNI : OPSI NEGOISASI JADI PILIHAN BEBASKAN PILOT SUSI AIR

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments