Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaNASIONALGURU SD INPRES TERBATAS, ANGGOTA TNI AJARI ANAK PAPUA BUDI PEKERTI

GURU SD INPRES TERBATAS, ANGGOTA TNI AJARI ANAK PAPUA BUDI PEKERTI

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Kehadiran TNI di Wilayah Perbatasan RI-PNG khususnya di Kabupaten Keerom tidak hanya fokus pada menjaga stabilitas keamanan wilayah perbatasan. Anggota TNI juga bisa menjadi tenaga pengajar bagi anak-anak Papua, seperti yang dilakukan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS Pos Yamara di SD Inpres Suskun Distrik Arso Timur.

Danpos Yamara, Sertu Kelpin Saputra menjelaskan bahwa pendidikan merupakan suatu kebutuhan dasar bagi individu yang berguna untuk menjalin komunikasi sosial yang berintelektual. Karena ilmu pengetahuan dan keterampilan yang bisa diterapkan di mana saja dan kapan saja sejak manusia dilahirkan sampai akhir hayatnya.

READ ALSO : TNI SELALU OPTIMIS SIKAPI PERKEMBANGAN PEMBEBASAN PILOT SUSI AIR

“Sebelum berangkat tugas,, kami sudah dipersiapkan sebagai tenaga pendidik dengan mendapat pembekalan pengetahuan gadik baik dari satuan maupun dari Kementerian Pendidikan Nasional. Sehingga kesempatan ini tidak kami sia-siakan untuk membantu masyarakat di wilayah perbatasan,” ujar Danpos Yamara, Sertu Kelpin Saputra saat memberikan keterangan ke Ceposonline.com di Keerom, Selasa (12/9/2023).

Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan TNI ini memang sedikit berbeda dengan guru pada umumnya. Namun pada dasarnya memberikan ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak sekolah. “Kegiatan bukan hanya mengajar dalam bentuk mata pelajaran namun kita lebih mengutamakan pelajaran tentang adab/norma-norma dan budi pekerti yang luhur serta mengajarkan keterampilan peraturan baris-berbaris guna memupuk mental, disiplin dan fisik yang kuat bagi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa Indonesia tercinta,” lanjutnya.

READ ALSO : BAKAR 10 RUMAH, SATU ANGGOTA KSTP TITUS MURIB TEWAS TERKENA TIMAH PANAS SATGAS TNI

Sejalan dengan penekanan Dansatgas Mayor Inf Diki Apriyadi, tugas pokok Satgas Yonif 122/TS menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG, juga mempunyai tugas tambahan yaitu seluruh prajurit melaksanakan kegiatan teritorial yang bersifat membangun, melayani, dan mengayomi masyarakat yang membutuhkan bantuan di tiap-tiap pos masing-masing.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Inpres, Sefnar menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada personel Satgas yang telah membantu sebagai tenaga pendidik dikarenakan terbatasnya guru di SD Inpres. “Kami sangat bangga dan berterimakasih karena kehadiran bapak-bapak TNI tidak hanya menjaga perbatasan saja, melainkan turut membantu mencerdaskan generasi muda di perbatasan,”ucap Bapak Sefnar S.Pd.” tuturnya.

READ ALSO : ANGGOTA KSTP TERSANGKA PEMBUNUHAN 4 PRAJURIT TNI POSRAMIL KISOR DILIMPAHKAN KE KEJAKSAAN

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments