Sabtu, Desember 9, 2023
BerandaHANKAMAPARAT JAMIN KEAMANAN OKSIBIL, TRIGANA AIR LANGSUNG MENGUDARA

APARAT JAMIN KEAMANAN OKSIBIL, TRIGANA AIR LANGSUNG MENGUDARA

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Distrik Oksibil, Pegunungan Bintang, Papua dikabarkan sempat kurang kondusif akibat aksi Anggota KSTP pimpinan Ananias Ati Mimim menembaki pesawat pengangkut bahan logistik (Trigana AIR) di atas langit Oksibil pada Kamis (21/9/2023).

Akibat aksi KSTP tersebut, Manajemen Trigana Air langsung menghentikan penerbangan ke Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan dengan alasan faktor keamanan. Deputy Area Manager Papua Trigana Air Ahmad Irwan Rochendi mengatakan, pihaknya masih menunggu status safety clearance untuk membuka kembali penerbangan Jayapura-Oksibil. Manajemen Trigana Air menghentikan penerbangan ke Oksibil sejak Selasa (19/9/2023) setelah terjadi gangguan keamanan akibat ulah KSTP di daerah itu.

READ ALSO : PELANGGARAN HAM JADI ALASAN MSG TIDAK MAU LAGI MEMPERJUANGKAN KEMERDEKAAN PAPUA BARAT

Diketahui bahwa aparat gabungan TNI Polri saat itu langsung menembak anggota KSTP pelaku pembuat onar tersebut. Tembakan yang dilepaskan dari jarak 800 meter tersebut mengenai lengan dan dada anggota KSTP pimpinan Ananias Ati Mimim, yang diduga bernama Ricky Sasaka hingga tewas.

Gerak cepat aparat membuat Oksibil kembali kondusif, aparat menjamin keamanan Oksibil. Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Mohamad Dafi Bastomi menyampaikan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) secara umum di Distrik Oksibil saat ini aman dan terkendali. Mohamad Dafi menyampaikan bahwa masyarakat  dapat beraktivitas seperti biasa, TNI-Polri telah siap bersiaga untuk menjaga keamanan di Distrik Oksibil.

Sementara Dandim 1715 / Yahukimo, Letkol Inf. Tommy Yudistyo memastikan bahwa situasi aman dan terkendali, terutama dalam hal kegiatan belajar mengajar, perekonomian, dan operasional pemerintahan daerah. Upaya patroli yang dilakukan oleh Polri dan TNI terus berjalan untuk memastikan keamanan masyarakat di Kabupaten Pegunungan Bintang.

READ ALSO : SEMPAT TERHENTI AKIBAT TEROR KSTP, TRIGANA AIR KEMBALI TERBANG KE OKSIBIL

READ ALSO : APARAT JAMIN KEAMANAN OKSIBIL, TRIGANA AIR LANGSUNG MENGUDARA

Kombes Faizal selaku Kepala Satuan Operasi Damai Cartenz-2023 mengatakan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) secara umum di Distrik Oksibil dan sekitarnya, saat ini aman dan terkendali. Aktivitas perekonomian, pendidikan, dan perbankan sudah berjalan seperti biasa.

Dengan adanya jaminan keamanan dari pihak TNI-Polri, menajemen Trigana Air mencabut keputusan menghentikan penerbangan dari dan ke Oksibil. Penerbangan maskapai Trigana Air terjadwal ke Oksibil kembali normal. Kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Oksibil Agus Hadi menyatakan Trigana Air kembali melayani penerbangan Jayapura-Oksibil pulang pergi.  “Memang benar Rabu ini Trigana Air sudah kembali melayani rute Jayapura-Oksibil dengan menerbangkan dua pesawatnya, yakni untuk penumpang dan kargo,” kata Agus Hadi, Rabu 27 September 2023.

READ ALSO : KAPOLDA PAPUA : PILOT SUSI AIR DALAM KONDISI SEHAT

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments