Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaHANKAMAPARAT AMANKAN 7 ORANG KKB PIMPINAN YOTAM BUGIANGGE

APARAT AMANKAN 7 ORANG KKB PIMPINAN YOTAM BUGIANGGE

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Setelah sehari sebelumnya, menangkap dua orang yang diduga terkait Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), pada Selasa (30/5/2023), aparat keamanan gabungan kembali menangkap lima orang di Kampung Nogolait, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Sehingga total 7 orang yang diduga merupakan bagian dari KKB pimpinan Yotam Bugiangge, ditangkap oleh aparat keamanan gabungan. Bahkan salah satunya sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) kasus pembunuhan 11 warga di Kampung Nogolait pada Juli 2022 lalu.

“Ini adalah bagian dari proses penegakan hukum yang sudah diperintahkan oleh Kapolda (Papua) untuk menangani kasus kriminal yang dilakukan KKB,” ujar Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Penelewen melalui pesan singkat, Rabu (31/5/2023). Kelima orang yang ditangkap adalah PB, AK, DB, JK dan PK. Nama terakhir dikatakan Rio melarikan diri sehingga tidak sempat ditahan.

READ ALSO : INTEGRASI PAPUA MENJADI BAGIAN SAH NKRI ADALAH ANUGERAH TUHAN

Menurut Rio masing-masing orang yang ditangkap telah diambil keterangannya dan semuanya mengenal sosok Yotam Bugiangge. Kelompok tersebut, dalam beberapa waktu terakhir telah melakukan aksi kriminal dan mengancam warga apabila permintaan mereka tidak dipenuhi. “Warga yang berada di Kompleks Nogolait sering mendapat ancaman dan didatangi oleh Yotam Bugiangge dan pasukannya untuk meminta bantuan bama (bahan makanan) maupun uang. Apabila tidak diberikan akan diancam untuk dibunuh,” tuturnya. Rio juga menyebut bahwa banyak keluarga dari Yotam Bugiangge yang tinggal di Nogolait, sehingga lokasi tersebut menjadi lokasi persinggahannya.

Diberitakan sebelumnya, kontak tembak antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terjadi di Kampung Nogoloit, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Jumat (26/5/2023) dan Senin (29/5/2023). Aparat keamanan kemudian berhasil menangkap anggota KKB berinisial MK yang diduga ikut terlibat dalam aksi pembunuhan 11 warga di Kampung Nogoloit pada September 2011. Selain itu, aparat juga menangkap IK yang diduga menjadi simpatisan KKB.

READ ALSO : PATROLI SATGAS DAMAI CARTENZ DITEROR KKB

Aksi KKB semakin meresahkan masyarakat sipil wilayah Nogolalit. Tindakan mereka semakin brutal karena mengancam keselamatan jiwa masyarakat apabila keinginannya tidak dipenuhi. Ketakutan masyarakat membatasi mereka untuk beraktifitas memenuhi kebutuhannya. Peneggakan hukum secara terukur sangat perlu dilakukan agar masyarakat hidup dalam kedamaian sehingga terpenuhi kesejahteraan hidupnya. Aksi-aksi KKB yang berpotensi meningkatkan kemiskinan masyarakat harus segera dihentikan, agar kehidupan yang layak dapat diperoleh kembali.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments