Selasa, April 16, 2024
BerandaHANKAMINTEGRASI PAPUA MENJADI BAGIAN SAH NKRI ADALAH ANUGERAH TUHAN

INTEGRASI PAPUA MENJADI BAGIAN SAH NKRI ADALAH ANUGERAH TUHAN

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Tokoh pemuda Papua, Ali Kabiay, berpandangan integrasi Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan jalan dan anugerah Tuhan. Hal tersebut disampaikan Ali, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (23/3/2023).

Dengan demikian, posisi Papua sebagai bagian dari NKRI sudah sepatutnya dijaga dengan sebaik-baiknya oleh seluruh pihak. Pernyataan tersebut disampaikan  Ali dalam webinar bertajuk “The Urgency of Papua in Indonesia-centric Development”, Rabu (22/3/2023).

Menurut Ali, kemerdekaan Papua, seperti yang diinginkan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua bukan merupakan jaminan bagi kesejahteraan masyarakat. Ali menilai, yang menginginkan kemerdekaan Papua bukan merupakan orang asli Papua (OAP).

READ ALSO : RESAH DAN TAKUT AKSI PENEMBAKAN KKB, WARGA NOGOLOIT MENGUNGSI KE KENYAM

Sejauh ini, Ketua Pemuda Mandala Trikora Papua itu memandang tingginya intensitas kunjungan Presiden Jokowi ke Papua menunjukkan kecintaan Pemerintah Indonesia terhadap tanah Papua. Kecintaan itu, lanjut dia, ditunjukkan dengan fokus Pemerintah yang tengah melakukan pembangunan di wilayah timur Indonesia, seperti wilayah Ibu Kota Nusantara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Sementara itu, menurut Ali, aksi-aksi KKB yang anarkis, seperti membakar rumah sakit dan pasar, justru menghambat pembangunan di Papua, baik secara ekonomi maupun pembangunan sumber daya manusia (SDM). Bahkan, ia berpendapat aksi KKB tersebut tidak hanya menghambat pembangunan di Papua, tetapi juga menghancurkan pembangunan yang sudah dijalankan oleh Pemerintah Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Ali l mengajak media massa untuk memberitakan hal-hal positif tentang Papua sekaligus memberikan pengertian kepada masyarakat luas bahwa KKB tidak hanya menghambat kemajuan di Papua, tetapi juga memerangi masyarakat asal Papua yang menginginkan kemajuan. KKB sebagai pelaku pelanggaran HAM dengan berbagai aksinya berpotensi meningkatkan kemiskinan, membodohi dan menghambat masyarakat Papua untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

“Mari teman-teman media, baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk menyuarakan hal-hal positif tentang Papua serta memberikan pengertian kepada masyarakat luas bahwa KKB secara nyata tidak hanya menghambat kemajuan di Papua, tetapi juga memerangi masyarakat asal Papua yang menginginkan kemajuan dan keamanan di Papua,” ucapnya.

Menkopolhukam : Pemerintah ingin menegaskan bahwa Papua adalah bagian sah NKRI (kumparan.com)

READ ALSO : APARAT AMANKAN 7 ORANG KKB PIMPINAN YOTAM BUGIANGGE

Sementara itu menyikapi tuntutan KKB Papua yaitu sandera pilot susi air tidak akan dilepas sampai tuntutannya dipenuhi, yakni Indonesia pergi dari Papua, Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan bahwa Papua akan selamanya menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pemerintah ingin menegaskan bahwa Papua adalah bagian sah NKRI,” kata Mahfud MD dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (14/3/2023). Oleh sebab itu, Papua akan selalu menjadi bagian dari NKRI. “Baik menurut Konstitusi RI, maupun menurut hukum internasional, maupun menurut fakta yang sekarang sedang berlangsung,” kata Mahfud.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments