Jumat, Juni 21, 2024
BerandaGeneralVIDEO NATO KIRIMKAN PASUKAN KE PAPUA ADALAH HOAKS

VIDEO NATO KIRIMKAN PASUKAN KE PAPUA ADALAH HOAKS

JAKARTA,  “tabloidnusantara.com” –  Beredar sebuah video Youtube yang mengklaim bahwa North Atlantic Treaty Organization (NATO) mengirimkan pasukan ke Papua untuk membela Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).  Unggahan itu juga menyebut dalam judul dan thumbnail video bahwa ada campur tangan NATO kepada KKB.

Namun sesui pemeriksaan fakta yang dilakukan oleh Dyah Febriyani di website turnbackhoax.id ternyata informasi tersebut tidak benar. Unggahan itu hanya menampilkan thumbnail dan judul yang provokatif namun dalam video tersebut tidak ditemukan informasi mengenai NATO yang mengirim pasukan ke Papua.

Selain itu foto yang digunakan dalam artikel itu menampilkan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama tim KPH Marowa yang sedang melaksanakan operasi penindakan pembalakan liar di kawasan hutan wilayah setempat. Judul yang ditulis tidak sesuai dengan isi video yang ditampilkan. Sepanjang 8 menit tidak ditemukan narasi bahwa NATO mengirimkan pasukannya ke Papua.

READ ALSO : CARI PERHATIAN, KKB SENGAJA LAKUKAN AKSI TEROR DI BANDARA KENYAM

Kemudian narator dalam video juga menjelaskan mengenai sumber senjata yang digunakan KKB. Mabes Polri juga memastikan senjata yang digunakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dipasok dari Papua Nugini dan juga Filipina. Dari hasil penyelidikan senjata yang digunakan berasal dari pasar gelap. Maka dapat disimpulkan jika video yang beredar adalah hoaks.

Sampai informasi berita ini disampaikan, sumber video dengan alamat link https://archive.cob.web.id/archive/1685380924.03899/singlefile.html sudah tidak bisa diakses lagi. Namun ada indikasi bahwa video youtube tersebut sudah diketahui masyarakat sehingga memberikan opini yang salah. Hal yang perlu dikhawatirkan adalah bahwa video youtube tersebut sudah di download sehingga bisa disebarkan kembali.

READ ALSO : DPO SEFNAT MARANI PELAKU TEROR YAPEN DIBURU SATGAS DAMAI CARTENZ

Dalam website turnbackhoax.id juga berhasil menunjukkan sumber asli video tersebut yaitu dari alamat link https://www.sentralntb.id/2020/09/tim-gabungan-balai-kph-marowa-dan-kodim.html?m=1 dan https://jambi.tribunnews.com/amp/2018/12/17/ternyata-senjata-kkb-papua-penuhi-standar-nato-inilah-4-jenis-spesifikasi-perangkat-perang-tpnpb

Dengan pemberitaan ini diharapkan masyarakat melakukan pengecekan kebenaran berita yang disampaikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan sengaja menyebar hasutan dengan tujuan tertentu yang akan meresahkan orang yang menerima informasinya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments