Rabu, Juni 19, 2024
BerandaNASIONALTNI BANTU TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERBATASAN PAPUA

TNI BANTU TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERBATASAN PAPUA

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – TNI sebagai garda terdepan penjaga kedaulatan negara, memiliki tugas pokok menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan NKRI dan melindungi segenap bangsa Indonesia, yang diwujudkan dalam dalam bentuk Operasi Militer perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) atau kita kenal nontempur seperti tugas-tugas kemanusiaan, penanggulangan akibat bencana menjaga wilayah perbatasan dan lainnya.

Dalam melaksanakan tugas pengamanan perbatasan negara, TNI mengerahkan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan(Pamtas). Diantaranya yang saat ini melaksanakan operasi Pamtas yaitu Yonif 122/TS, Yonif 712/Wiratama dan Yonif 407/PK di wilayah perbatasan RI dengan Papua New Guinea (PNG).

READ ALSO : AKTIVIS MAHASISWA PAPUA SEBUT KSTP SUMBER KEKACAUAN

TNI bukan saja melakukan pengawasan wilayah perbatasan dalam melaksanakan operasi Pamtas, namun juga melakukan berbagai kegiatan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti mengajar, memberikan pelayanan kesehatan (pengobatan gratis), memberikan sembako, membangun fasilitas warga dan lainnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan apa yang dilakukan Satgas Pamtas yang saat ini melakukan operasi, diantaranya Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Utara Yonif 122/TS yang berada di bawah Kolakopsrem 172/PWY Pos Kalipay memberikan pengobatan massal di Kampung Pun, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Masyarakat sangat merasa terbantu dengan adanya pengobatan massal gratis tersebut. Salah satu warga Kampung Pun, Natalis mengatakan adanya pengobatan yang diberikan oleh anggota TNI Pos Kalipay sangat membantu masyarakat setempat karena pelayanan kesehatan dilaksanakan secara gratis. “Kami mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah membantu memberikan pengecekan kesehatan dan sekaligus mengobati penyakit masyarakat secara gratis,” katanya.

READ ALSO : TNI-POLRI SIAP AMANKAN PEMILU DI SARANG KSTP

 

Sementara itu, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 712/Wiratama di Distrik Kalome melaksanakan ibadah Hari Minggu di pelataran Gereja GIDI Kalome, Minggu (08/10/2023) bersama-sama dengan warga. Sebanyak 27 prajurit dari Pos Kalome dipimpin Serka Dionesius Nome mengikuti rangkaian kegiatan ibadah mingguan bersama warga setempat. Dalam kesempatan itu satgas juga menyumbangkan beberapa lagu rohani juga memberikan beberapa Alkitab kepada masyarakat Distrik Kalome yang hadir.

Bapak Persmin Wanembo selaku salah satu Gembala Gereja GIDI Kalome mengatakan,”Tuhan Yesus memberkati para jemaat dan teman-teman TNI Pos Kalome. Masyarakat disini selalu senang satgas ikut ibadah sama-sama juga baik jadi. Tuhan Yesus yang akan balas semua anak-anak pos kerjakan disini,” tandasnya.

Begitu juga dengan Satgas Pamtas dari Yonif 407/PK, dalam rangka menjalin kedekatan TNI dengan rakyat, mereka melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) disekitar wilayah tugas mereka (Pos Buruway) tepatnya di Rt 01 Kampung Kambala Distrik Buruway, Kabupaten Papua Barat. Bapak Abu Selaku Kepala Imam Di Kp Kambala Distrik Buruway, merasa senang dan rasa terima kasihnya kepada TNI, karena selain menjaga keamanan di wilayahnya, TNI juga menjalin komunikasi yang baik dengan warga Kampung Kambala Distrik Buruway.

READ ALSO : PANGDAM CENDERAWASIH PASTIKAN 3 PUCUK SENJATA API YANG DIAMANKAN DARI MARKAS KSTP BENAR MILIK TNI

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments