TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat, Pangdam IX/Udayana Pimpin Upacara Hari Juang TNI AD - https://tabloidnusantara.com/

TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat, Pangdam IX/Udayana Pimpin Upacara Hari Juang TNI AD

Denpasar – Diikuti seluruh Prajurit dan PNS TNI AD se Garnisun Denpasar, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., memimpin Upacara Hari Juang TNI Angkatan Darat ke 77 tahun 2022, yang digelar di Lapangan Praja Raksaka Kepaon, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Kamis (15/12/2022).

Dikomandani oleh Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja, S.Sos., upacara yang diawali dengan menyanyikan lagu ‘Mars Kartika Eka Paksi Jaya’ tersebut dilanjutkan dengan penghormatan dan laporan kepada Pangdam sebagai Inspektur Upacara serta pemeriksaan pasukan.

Sebagai simbol pemersatu dan spirit kebersamaan, Pataka Kodam IX/Udayana “Praja Raksaka” juga dihadirkan dalam kegiatan upacara tersebut. Komandan Upacara lantas memimpin penghormatan kepada Pataka Kodam IX/Udayana. Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pengucapan Sapta Marga.

Selanjutnya, Pangdam selaku Inspiktur Upacara membacakan amanat Jenderal Besar Soedirman, yang menegaskan bahwa Tentara bukan merupakan suatu kalangan di luar masyarakat ataupun bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat. Tentara hanya mempunyai kewajiban satu ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya.

“Tentara akan timbul dan tenggelam bersama-sama negara. Berjuang terus, Insya Allah, Tuhan melindungi perjuangan suci kita, janji sudah kita dengungkan, tekad sudah kita tanamkan, semua ini tidak akan bermanfaat bagi tanah air kita, apabila janji dan tekad ini tidak kita amalkan dengan amalan yang nyata,” demikian tegas Jenderal Besar Soedirman dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pangdam.

Kemudian, pada kesempatan tersebut, Pangdam juga membacakan amanat Kepala Staf TNI AD (Kasad), Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., yang mengatakan bahwa Peringatan Hari Juang TNI AD kali ini diselenggarakan secara sederhana ditengah suasana keprihatinan dan empati yang mendalam kepada saudara-saudara yang tertimpa musibah bencana alam di berbagai daerah.

“Oleh karenanya, rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat ke-77 Tahun ini diisi dengan doa bersama dan penyaluran bantuan kemanusiaan bagi korban musibah bencana alam. Saya ucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan atas pengabdian, loyalitas, disiplin, dan dedikasi yang tinggi,” ujar Kasad dalam amanat yang dibacakan oleh Pangdam.

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk diketahui, Kodam IX/Udayana telah meresmikan rumah hasil Program Bedah RTLH bantuan dari Kasad, serta menyelenggarakan berbagai kegiatan Bakti Sosial (Baksos), Doa Bersama dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan. Adapun kegiatan Baksos yang dilakukan yaitu Donor Darah, Khitanan Massal dan Pemberian Santunan kepada Anak Yatim Piatu.

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke 77, Kodam IX/Udayana juga sedang melaksanakan bedah rumah RTLH sebanyak 10 rumah milik Warakawuri, saat ini sedang berjalan dan diharapkan dapat diserahkan kepada pemiliknya tepat pada waktunya. Semua kegiatan tersebut tentunya relevan dengan tema Hari Juang TNI AD kali ini, yaitu TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat.

Hadir dalam upacara peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat ke-77 Tahun 2022 tersebut diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam lX/Udayana, Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam lX/Udayana, LO TNI AL, LO TNI AU, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, serta undangan lainnya. (Pendam IX/Udy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *