Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaBENCANA ALAMSERING TERJADI BENCANA BANJIR KELURAHAN BALUN DIRESMIKAN JADI KAMPUNG SIAGA BENCANA

SERING TERJADI BENCANA BANJIR KELURAHAN BALUN DIRESMIKAN JADI KAMPUNG SIAGA BENCANA

BLORA, “tabloidnusantara.com” – Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora melalui Sekretaris Widodo Prasetya Budi meresmikan Kelurahan Balun, Kecamatan Cepu menjadi Kampung Siaga Bencana (KSB), Jumat (12/5/2023).

Dalam sambutannya Sekretaris Widodo Prasetya Budi menyampaikan, Kelurahan Balun dipilih sebagai KSB, karena sering terjadi bencana banjir.

Saat diresmikan, lanjutnya, juga dilakukan simulasi tanggap bencana, mulai dari evakuasi korban bencana, penanganan pertama, penyiapan logistik, hingga dapur umum. Sebelumnya, mereka juga dibekali dengan sosialisasi dan pendalaman materi tentang kebencanaan.

READ ALSO : PLN Tanam 400 Ribu Lebih Mangrove, Hijaukan Pantura Lestari

Disisi lain Bupati Blora melalui Sekretaris Daerah Komang Gede Irawadi menyampaikan apresiasi atas pembentukan KSB di Kelurahan Balun. Melalui pengukuhan dan simulasi tanggap bencana tersebut, masyarakat dapat lebih siap, siaga, dan memiliki pengetahuan yang memadai, dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Disampaikan, pembentukan KSB tersebut dapat menjadi langkah persiapan dalam menghadapi bencana alam. Apalagi Kecamatan Cepu merupakan salah satu daerah daerah rawan bencana di bantaran Sungai Bengawan Solo.

READ ALSO : HUT ke-117 Kota Pekalongan Gratiskan Tiket Masuk Destinasi Wisata

“Selain itu, masyarakat, terutama Pengurus KSB Kelurahan Balun, diharapkan meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan, serta terbiasa melakukan kewaspadaan, dan kesiapsiagaan, serta terbiasa melakukan upaya mitigasi bencana, menuju Cepu yang lebih tangguh bencana,” terangnya.

Sumber : https://jatengprov.go.id/

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments