Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaNASIONALPLN Tanam 400 Ribu Lebih Mangrove, Hijaukan Pantura Lestari

PLN Tanam 400 Ribu Lebih Mangrove, Hijaukan Pantura Lestari

REMBANG, “tabloidnusantara.com” – Lestarikan Jalan Pantura, Sebanyak 100 ribu bibit mangrove ditanam di objek wisata Jembatan Merah, Desa Pasar Banggi, Kecamatan Rembang.

Direktur Utama PT PLN (persero) Darmawan Prasodjo menyampaikan, bekerja sama dengan Pemprov Jateng, pihaknya melakukan penanaman mangrove dalam rangka mewujudkan Pantura lestari. Selain itu, juga untuk mengantisipasi dampak dari sea level rise (SLR). Yakni, meluasnya kerusakan mangrove dan meluasnya ancaman terhadap kegiatan sosial ekonomi masyarakat pesisir.

Disampaikan, tidak hanya di Jembatan Merah, mangrove juga ditanam di Pantai Utara Jawa, dengan total 437.860 bibit mangrove.

READ ALSO : WUJUDKAN EKOWISATA PESISIR PANTAI MANDALIKA, PANGDAM TANAM POHON MANGROVE

“Kita di sini dalam rangka memperkuat alam, bahwa dengan adanya perubahan iklim bumi memanas, maka terjadi sea level rising,” ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, perlu dilakukan upaya penghijauan di wilayah pesisir laut, seperti penanaman pohon mangrove. Maka, wisata Jembatan Merah yang terkenal dengan hutan mangrove, dipilih sebagai proyek percontohan, dengan melakukan penanaman mangrove seluas 100 hektare. Dikutib dari https://jatengprov.go.id/

Selain itu, imbuhnya, juga dilakukan pembangunan tetrapod, untuk mencegah terjadinya erosi akibat cuaca dan arus sejajar pantai. “Kemudian kami juga membangun teknologi tetrapod. Tetrapod ini adalah suatu infrastruktur untuk membangun terjangan gelombang dari ombak. Kemudian juga fly ash dan bottom ash,” imbuhnya.

READ ALSO : PESONA WISATA AIR TERJUN DI BANYUMAS

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, wilayah yang berada di Pesisir Pantai Utara Jawa yang rawan terjadi abrasi menjadi sasaran program Pantura lestari. Jika program tersebut sukses diterapkan di Rembang, maka daerah lainnya akan menjadi proyek selanjutnya.

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments