Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaHOMEPEMERINTAH TERUS LAKUKAN NEGOISASI UNTUK BEBASKAN PILOT SUSI AIR YANG DISANDERA KKB

PEMERINTAH TERUS LAKUKAN NEGOISASI UNTUK BEBASKAN PILOT SUSI AIR YANG DISANDERA KKB

Seusai melepas keberangkatan Presiden ke Australia, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tidak bersedia memberikan keterangan pers terkait penyanderaan pilot Philip. ”Tadi sudah dijawab Presiden,” tegas Yudo.

Namun terkait upaya pembebasan pilot Susi Air yang kini disandera KKB di Papua itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan keterangan bahwa dirinya meminta masyarakat menunggu perkembangan karena pemerintah dalam menyelesaikan masalah ini tidak tinggal diam.

”Ada pendekatan diplomasi, soft approach-nya, ada hard approach-nya. Masing-masing sudah tahu, (institusi) mana melaksanakan perannya, kepolisian melaksanakan peran seperti apa, TNI melaksanakan peran seperti apa, kementerian melaksanakan peran seperti apa. Ada jalur-jalur yang ditempuh,” tuturnya kepada wartawan seusai mengumumkan Sekolah Staf Presiden Batch 2 yang sudah mulai berlangsung di Kantor KSP, Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin.

Presiden Joko Widodo sebelum memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (3/7/2023). Keterangan pers dilakukan sebelum kunjungan ke Sydney, Australia, dan Port Moresby, Papua Niugini, pada 3-5 Juli 2023. (kompas.id)

Pendekatan lunak ini, menurut Moeldoko dilakukan dengan memanfaatkan berbagai jalur komunikasi politik dan banyak pihak terlibat dalam pendekatan ini. Disampaikan pula bahwa Pemerintah Selandia Baru meminta supaya upaya pembebasan berjalan baik tanpa menimbulkan korban jiwa. ”Jadi, kita juga akan melihat dinamika lapangannya. Kalau ditangani secara ngawur akan memunculkan korban dan akan membuat repot. Harus dikalkulasi dengan sebaik-baiknya, tidak boleh ada tindakan-tindakan yang gegabah,” paparnya.

READ ALSO : MATA-MATA KKB PAPUA PIMPINAN EGIANUS KOGOYA DITANGKAP

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments