Minggu, Mei 26, 2024
BerandaHANKAMPANGDAM XVII/CENDERAWASIH : JANGAN ADA LAGI PERTUMPAHAN DARAH DI NDUGA, PAPUA

PANGDAM XVII/CENDERAWASIH : JANGAN ADA LAGI PERTUMPAHAN DARAH DI NDUGA, PAPUA

PAPUA, “https://tabloidnusantara.com/” – Menurut berita yang dilansir oleh Jubi.id, Komandan Kodim (Dandim) 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murib menyampaikan pesan dari Pangdam XVII/Cenderawasih bahwa jangan ada pertumpahan darah lagi di Nduga. Pesan tersebut disampaikan pada acara syukuran pelantikan Penjabat Bupati Nduga Edison Gwijangge di halaman Gereja Weneroma Hilekma Wamena, Senin (5/6/2023),

Pangdam XVII/ Cenderawasih menginginkan agar tercipta keamanan di daerah tersebut, baik antara TNI/Polri, masyarakat, maupun kelompoknya Egianus Kogoya.

“Akibat dari konflik bersenjata antara pihak TPNPB dan TNI/Polri tersebut, ribuan warga sipil Nduga menjadi korban dan mengungsi ke hutan dan di berbagai daerah di Papua, salah satunya di Wamena ibu kota Kabupaten Jayawijaya,” kata Dandim.

READ ALSO : PANGDAM XVII/CENDERAWASIH TINJAU SATGAS PAMTAS RI-PNG STATIS YONIF 511/DY

“Dendam lama dan luka lama sudah cukup sampai di sini dan dikubur, sebab hari ini dengan dilantiknya Pj Bupati Nduga yang merupakan pendiri Kabupaten Nduga, maka kita akan menciptakan kondisi kedamaian untuk membangun kembali wilayah tersebut,” katanya.

Menurut Dandim, banyak hal yang harus dikerjakan secara  bersama dengan PJ Bupati Nduga yang baru, untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat  di wilayah tersebut. “Kita inginkan, dengan keamanan yang baik dan tak ada lagi pertumpahan darah, maka kita bisa melanjutkan pembangunan dengan baik di wilayah Kabupaten Nduga untuk kepentingan masyarakat ke depannya, oleh sebab itu harus lebih dulu mengakhiri konflik dan pertumpahan darah,” katanya.

READ ALSO : ATASI KESULITAN PENDIDIKAN AKIBAT KONFLIK, TNI PERBAIKI SD TITIGI

Dengan dilantiknya Pj Bupati Nduga yang baru, dia berharap bahwa program-programnya perlu didukung oleh semua pihak, sehingga semua yang direncanakan dalam program kerja pemerintah, bisa dilaksanakan dengan baik guna mewujudkan keamanan di wilayah Kabupaten Nduga. “Saya ajak semua pihak untuk mendukung Penjabat Bupati Nduga yang baru untuk menjalankan semua program kerjanya dengan baik,” katanya.

Pj Bupati Nduga Edison Gwijangge seusai acara syukuran pelantikan mengatakan bahwa dirinya merasa bertanggung jawab atas situasi yang terjadi di Nduga, karena ia juga sebagai pendiri Kabupaten Nduga itu sendiri. “Tahun depan saya akan purnabakti jadi saya tidak mau tinggalkan daerah Nduga dalam keadaan tetap seperti itu,” katanya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments