Senin, Mei 27, 2024
BerandaHANKAMOPERASI PENEGAKAN HUKUM DILAKUKAN SATGAS DAMAI CARTENZ DALAM PEMBEBASAN PILOT SUSI AIR

OPERASI PENEGAKAN HUKUM DILAKUKAN SATGAS DAMAI CARTENZ DALAM PEMBEBASAN PILOT SUSI AIR

PAPUA, Tabloidnusantara.com” – Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengungkapkan peran TNI-Polri serta Satgas Damai Cartenz dalam upaya membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB). Mathius menegaskan proses negosiasi masih tetap berlangsung.

“Saya, bapak Pangdam tugas kami kan melakukan negosiasi. Tugas dalam penegakan hukum nanti dimainkan peran oleh Satgas Damai Cartenz,” kata Irjen Mathius D. Fakhiri kepada wartawan di Mapolda Papua, Kota Jayapura, Senin (14/8/2023).

READ ALSO : KAPOLDA PAPUA SELIDIKI MENINGKATNYA ESKALASI GANGGUAN KEAMANAN DI YAHUKIMO

Mathius melanjutkan Pemkab Nduga dan Pemprov Papua Pegunungan juga mengambil peran melakukan negosiasi. Proses negosiasi pun melibatkan keluarga besar Egianus Kogoya. “Kami berikan ruang seluas-luasnya kepada semua pihak baik pemerintah daerah, itu ada pemerintah provinsi, ada Pemerintah Kabupaten Nduga maupun semua keluarga besar yang ada orang Nduga dan keluarga dekat dengan mereka,” ungkapnya.

Dia menegaskan semua pihak akan dikerahkan demi mendukung upaya pembebasan pilot asal Selandia Baru itu. Tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh perempuan juga dilibatkan dalam proses negosiasi. “Supaya semua apa yang diharapkan keluarga pilot mau pun kami unsur pemerintah itu bisa pilot diserahkan secara baik,” terang Mathius.

READ ALSO : KKB TINGKATKAN AKSI TERORNYA JELANG HUT KEMERDEKAAN RI KE-78

Dia optimis proses negosiasi berjalan lancar. Mathius berharap pilot Susi Air bisa segera dibebaskan KKB dalam kondisi sehat. “Mudah-mudahan dalam keadaan sehat, kembali kepada keluarga dan kami yang ada. Tentunya juga itu nanti bagian masalah penegakan hukumnya,” imbuhnya.

Diketahui, pilot Susi Air masih berada di tangan KKB sejak enam bulan terakhir. Philip sebelumnya diculik usai pesawat milik maskapai Susi Air yang dipilotinya dibakar di Lapangan Terbang Paro, Nduga, Papua Pegunungan pada 7 Februari 2023.

Sebelumnya Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengaku pilot Susi Air dalam kondisi sehat. Izak lantas menyebut KKB memperlakukan Philip dengan baik selama penyanderaan. “Kita lihat di foto orangnya tidak kurus, orangnya sehat, bajunya rapi terus,” kata Mayjen TNI Izak Pangemanan kepada wartawan di Aula Tony A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Kamis (20/7).

READ ALSO : LANGGAR HUKUM HUMANITER, KKB LIBATKAN ANAK-ANAK DAN PELAJAR DALAM AKSI TERORNYA

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments