Minggu, Mei 26, 2024
BerandaHANKAMLANAL MOROTAI BANTAH TUDUHAN WILAYAHNYA SEBAGAI JALUR MASUK SENJATA KSTP

LANAL MOROTAI BANTAH TUDUHAN WILAYAHNYA SEBAGAI JALUR MASUK SENJATA KSTP

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Kesbangpol Provinsi Maluku Utara  sebelumnya mencurigai bahwa Morotai salah salah satu jalur masuk transit senjata api untuk Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) ditanggapi serius dan dibantah oleh Lanal Pulau Morotai.

Bantahan tersebut dinyatakan oleh Danlanal Morotai melalui Pasops Lanal Pulau Morotai, Lettu Laut (P) Ismail T. Rahaguna usai upacara HUT Ke-78 TNI di Mako Lanal Morotai. Didepan awak media Ismail mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya tidak menemukan unsur seperti yang dicurigai  bahwa perairan Morotai adalah jalur penyelundupan senjata ke kelompok separatis KKB Papua.

“Lanal sendiri, selalu melakukan patrol di wilayah perairan Morotai  dan sejauh ini kita belum pernah menemukan penyelundupan-penyelundupan sejata di area Morotai. Kita selalu berkoordinasi dengan pihak patrol wilayah untuk armada tiga,” katanya, Kamis, 5 Oktober 2023.

READ ALSO : EGIANUS KOGOYA TERUS TEBAR TEROR, KALI INI ANCAM TEMBAK PJ BUPATI NDUGA

Perairan Morotai dan Papua. (dok : panorama destination)

READ ALSO : LIMA ANGGOTA KSTP YANG TEWAS DITEMBAK APARAT TERLIBAT BERBAGAI AKSI TEROR

Pasops Lanal Pulau Morotai bahkan dengan tegas mengatakan bahwa isu seperti itu jangan selalu dipolitisir karena menurutnya meski Morotai merupakan pulau terluar di Indonesia namun wilayah Morotai masih dalam kondisi yang aman.

Pernyataan tersebut didasari dengan adanya penambahan dua Pos Angkatan Laut (Posal) ditambah satu lagi Posal dibentuk di Morotai Jaya. Dengan penambahan pos tersebut diharapkan mudah-mudahan tidak akan pernah ada di Morotai hal seperti itu,” tegasnya.

Pihaknya juga mengakui memang Morotai dilewati oleh Jalur ALKI 3 (tiga), kemudian di bagian utara berhadapan langsung dengan Philipina dan Palao. “Sehingga dengan kondisi itu, kami tetap antisipasi, karena bisa dibilang juga bahwa Morotai Salah Satu Jalur masuk senjata atau bahan peledak dari luar menuju ke KSTP. Tapi selama ini tidak pernah ada,” bantahnya.

Ismail berharap agar masyarakat Morotai tidak perlu khawatir dengan isu-isu seperti itu karena Morotai aman-aman saja. “Kami Angkatan Laut dalam hal ini armada tiga selalu intens dalam melaksanakan patrol,” tutupnya meyakinkan.

READ ALSO : PANGDAM CENDERAWASIH PASTIKAN PHILIP MARK MEHRTENS DALAM KONDISI BAIK

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments