Jumat, Juli 19, 2024
BerandaHOMEKRIMINALKRONOLOGIS TEWASNYA 5 ANGGOTA KSTP AKIBAT KONTAK TEMBAK DENGAN TNI

KRONOLOGIS TEWASNYA 5 ANGGOTA KSTP AKIBAT KONTAK TEMBAK DENGAN TNI

PAPUA, Tabloidnusantara.com” – Sebanyak lima orang dari Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua yang tewas akibat kontak tembak dengan Satgas Batalyon Marinir 7 di wilayah Yahukimo telah dimakamkan pada hari Sabtu (16/9/2023). KST yang meninggal tersebut adalah anggota dari kelompok Yotam Bugiangge, disertir TNI yang membelot menjadi KST di wilayah Nduga. Lima KST itu tewas saat kontak tembak dengan patroli aparat TNI yang sedang melaksanakan patroli lingkungan pos di Yahukimo, Kamis (14/09/2023).

Adapun kejadian kontak tembak berawal pada hari Rabu (13/09/2023) berdasakan hasil pengamatan pos tentang adanya pergerakan beberapa orang diantaranya bersenjata laras panjang melintas di Sungai Braza, dan sebagian lagi ada keluar masuk gubuk di pinggiran sungai tersebut. Selanjutnya pukul 13.15 WIT aparat gabungan melanjutkan pengintaian lebih detail dan diputuskan untuk melaksanakan patroli. Di tengah patroli, aparat ternyata bertemu dengan KST di sungai Braza.

READ ALSO : LIMA KORBAN KONTAK TEMBAK DI KALI BRASA, ANGGOTA KSTP YOTAM BUGIANGGE

Kejadian kontak tembak berawal pada hari rabu, 13 september 2023, pukul 12.10 WIT, berdasakan hasil pengamatan pos tentang adanya pergerakan beberapa orang di antaranya bersenjata laras panjang melintas di Sungai Braza. (dok : tvonenews)

Tanggal 14 September 2023 tepat pukul 09.05 WIT, KST yang pertama kali melepaskan tembakan senjata api laras panjang dari dua sudut arah berbeda kearah tim gabungan. Saat itu pula ada beberapa KST bermunculan dari gubuk, juga melepas tembakan ke arah aparat. Saat itu juga Dansatgas Gabungan memerintahkan untuk membalas tembakan.

Dalam baku tembak, awalnya terlihat 4 orang KST meninggal di tempat. Sementara yang lainya berhamburan menyelamatkan diri masing-masing sambil membawa kabur senjata dari mereka yang sudah tewas. Menjelang beberapa saat, kontak tembak berhenti, sehingga aparat melanjutkan penyisiran, dimana terdapat 1 orang KST lagi yang ditemukan tewas.

KST tersebut bukanlah masyarakat sipil atau penduduk Yahukimo, termasuk beberapa yang langsung mendatangi RSUD Dekai untuk memastikan siapa mereka. Sementara itu Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III Kolonel Czi GN.Suriastawa, membenarkan kejadian tersebut dan menyatakan kelima jenazah tersebut bukan masyarakat sipil Yahukimo, melainkan anggota KST kelompok Yotam Bugiangge, Batalyon Wesem Kowip III Kodam III Ndugama. Data data sudah dicocokkan dengan data KST yang dimiliki semua aparat keamanan gabungan, dan sudah sesuai bahwa mereka anggota KST Papua.

READ ALSO : KEDEPANKAN NEGOISASI, APARAT KEAMANAN MASIH BERUPAYA BEBASKAN PILOT SUSI AIR

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments