Kamis, Juni 13, 2024
BerandaKRIMINALKONDISI CUACA DAN MEDAN YANG EKSTREM, SULITKAN PENCARIAN PILOT SUSI AIR

KONDISI CUACA DAN MEDAN YANG EKSTREM, SULITKAN PENCARIAN PILOT SUSI AIR

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramdhani mengatakan cuaca dan medan menjadi kendala bagi aparat dalam pencarian pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens, yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Ia disandera sejak awal Februari 2023.

“Kita cari terus. Terkait medan, pergeseran pasukan, cuaca, itu yang menyulitkan,” kata Faizal saat dihubungi, Rabu (26/7). Ia mengatakan awalnya pencarian dilakukan di tiga wilayah, yakni Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Lanny Jaya, dan Kabupaten Nduga. Kini pencarian tersebar di Kabupaten Nduga.

READ ALSO : DUA BATALYON TNI SIAP AMANKAN PERBATASAN RI-PNG BAGIAN UTARA

Faizal mengatakan Nduga memiliki topografi bukit dengan ketinggian 3.000 meter. Berdasarkan informasi yang diterimanya, kondisi pilot masih hidup. “Dengan medan yang sangat sulit. Di sana itu ketinggian 3.000 rata-rata,” katanya.

Seperti diketahui bahwa pegunungan Tengah (Central Ranges) Papua merupakan jalur pegunungan lipatan dan sesar paling tinggi di Indonesia dengan gunung-gunungnya menjadi puncak-puncak tertinggi di Indonesia, yaitu: Puncak Jaya 5030 mdpl, Puncak Trikora 4730 mdpl, Puncak Yamin 4595 mdpl, dan Puncak Mandala 4700 mdpl. Puncak Jaya (Carstensz Pyramid) adalah puncak tertinggi di Indonesia, yang bersalju abadi karena ketinggiannya di atas tropical snowline 5000 mdpl. Di antara pegunungan di utara dan pegunungan di selatan terdapat lembah yang sangat luas, yang biasa disebut Lembah Baliem.

KKB tidak membuka ruang komunikasi sehingga mempersulit negoisasi. (kompastv)

READ ALSO  : HINDARI JATUH KORBAN WARGA SIPIL, PEMERINTAH UTAMAKAN NEGOISASI BEBASKAN PILOT SUSI AIR

Tercatat sesuai data bahwa temperatur udara bervariasi antara 14,5 derajat Celcius sampai dengan 24,5 derajat Celcius. Dalam setahun rata-rata curah hujan adalah 1.900 mm dan dalam sebulan terdapat kurang lebih 16 hari hujan. Musim kemarau dan musim penghujan sulit dibedakan. Berdasarkan data, bulan Maret adalah bulan dengan curah hujan terbesar, sedangkan curah hujan terendah ditemukan pada bulan Juli.

Philip disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari sesaat setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Pada 26 Mei atau dua bulan lalu, KKB merilis video yang menunjukkan kondisi Philip. Pilot berkebangsaan Selandia Baru itu menyebut KKB akan menembaknya jika tidak ada negosiasi dalam dua bulan.

CNNIndonesia.com telah menghubungi Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom untuk bertanya lebih lanjut soal kondisi pilot, tetapi ia belum merespons hingga berita ini ditulis.

READ ALSO  : BANTUAN KEMANUSIAAN PANGLIMA TNI SEMPAT TERTUNDA KARENA TERKENDALA CUACA

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments