Rabu, Juni 12, 2024
BerandaKESEHATANBANTUAN KEMANUSIAAN PANGLIMA TNI SEMPAT TERTUNDA KARENA TERKENDALA CUACA

BANTUAN KEMANUSIAAN PANGLIMA TNI SEMPAT TERTUNDA KARENA TERKENDALA CUACA

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Kav. Herman Taryaman mengatakan bantuan sosial kemanusiaan dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono telah didistribusikan kepada warga di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. Dalam keterangan tertulisnya menyebutkan proses pendistribusian bansos sempat tertunda karena terkendala cuaca buruk.

“Bantuan sosial kemanusiaan dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono akhirnya mulai dan bisa didistribusikan kepada warga yang terdampak bencana kekeringan di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah,” katanya.

READ ALSO : DUA BATALYON TNI SIAP AMANKAN PERBATASAN RI-PNG BAGIAN UTARA

Menurut Kapendam, bantuan sosial itu diterbangkan dari Jakarta pada 24 Juli 2023 menggunakan pesawat C-130 Hercules A-1327 Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma. “Distribusi bansos diangkut menggunakan helikopter Caracal milik TNI Angkatan Udara dari Bandara Mozes Kilangin Timika menuju Distrik Sinak,” ujarnya.

Komandan Kodim 1717/Puncak Letnan Kolonel Inf. Jonatan Nadio Aprimanda menjelaskan bahwa pendistribusian bantuan dipusatkan di Distrik Sinak karena sebagian masyarakat dari Distrik Agandugume dan Lambewi sudah berada di Sinak dan warga lainnya juga sedang bergeser dari kampung. “Masyarakat mulai 21 Juli sudah bergerak dari wilayah masing-masing dengan berjalan kaki ke Sinak dan tinggal di keluarganya, sekaligus kita kumpulkan dan sampaikan wujud perhatian dari Panglima TNI,” katanya.

READ ALSO  : HINDARI JATUH KORBAN WARGA SIPIL, PEMERINTAH UTAMAKAN NEGOISASI BEBASKAN PILOT SUSI AIR

Dandim menambahkan pemerintah sudah berusaha untuk menjaga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk di Kabupaten Puncak, tetapi faktor alam mengakibatkan bencana kekeringan dan kelaparan pada dua distrik itu. “Keterbatasan armada dan kendala cuaca sehingga bantuan dari Panglima TNI dan instansi pemerintah lainnya yang jumlahnya 5,5 ton tidak bisa didistribusikan sekaligus, tapi bertahap hingga seluruh bantuan sampai ke sasaran,” ujarnya

READ ALSO : KONDISI CUACA DAN MEDAN YANG EKSTREM, SULITKAN PENCARIAN PILOT SUSI AIR

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments