Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaHANKAMDUA BATALYON TNI SIAP AMANKAN PERBATASAN RI-PNG BAGIAN UTARA

DUA BATALYON TNI SIAP AMANKAN PERBATASAN RI-PNG BAGIAN UTARA

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Sebanyak dua batalyon diterjunkan untuk mengamankan perbatasan Indonesia-Papua Nugini di bagian utara. Kedua batalyon tersebut adalah Yonif 122/Tombak Sakti (TS) dan Yonif 310/Kidang Kancana (KK). Komandon Komando Resor Militer 172/Praja Wira Yakthi (Danrem 172/PWY) Brigjen TNI Dedi Hardono dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa, kedua batalyon itu menggantikan Satgas Yonif 132/BS dan Yonif 143/TWEJ yang masa tugasnya sudah usai.

“Total personel yang bertugas berjumlah 900 prajurit dan akan disebarkan di dua kabupaten dan kota yang berbatasan dengan PNG,” kata Dedi Hardono seusai memimpin upacara penerimaan Satgas Pamtas RI-PNG di lapangan Rindam XVII Cenderawasih di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (26/7/2023). Melanjutkan penjelasannya, kedua Batalyon itu akan bertugas di Wilayah Korem 172/PWY yang berbatasan dengan PNG yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Keerom di Provinsi Papua dan Kabupaten Pegunungan Bintang di Papua Pegunungan.

READ ALSO  : HINDARI JATUH KORBAN WARGA SIPIL, PEMERINTAH UTAMAKAN NEGOISASI BEBASKAN PILOT SUSI AIR

Sebelumnya Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen Izak Pangemanan dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 172/PWY, mengakui wilayah perbatasan dengan PNG masih sering terjadi gangguan keamanan dan ketertiban. Gangguan keamanan itu tak jarang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa serta kerusakan sarana dan prasarana infrastruktur lainnya.  Insiden tersebut, menurut Pangdam, memprihatinkan karena berdampak negatif terhadap stabilitas keamanan nasional khususnya di Papua.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono ketika menyalami para prajurit Satgas Pamtas yang baru di Lapangan Rindam XVII/Cenderawasih, Ifar Gunung Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. (pasificpos.com)

Pangdam berharap, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) bisa melakukan tugasnya dengan baik untuk meminimalisasi gangguan keamanan dan meminta Satgas untuk berkomunikasi dengan banyak pihak di daerah tersebut. “Tingkatkan komunikasi sosial (komsos) dan pembinaan teritorial serta laksanakan tugas sebaik-baiknya dengan selalu waspada,” harap Pangdam XVII Cenderawasih.

Wilayah 172/PWY meliputi Kota dan Kabupaten Jayapura, Keerom, Mamberamo Raya dan Sarmi di wilayah Papua, serta Kabupaten Mamberamo Tengah, Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Yalimo, Nduga, Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo di Provinsi Papua Pegunungan. Sementara wilayah yang berbatasan dengan Papua Nugini yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

READ ALSO  : BANTUAN KEMANUSIAAN PANGLIMA TNI SEMPAT TERTUNDA KARENA TERKENDALA CUACA

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments