Selasa, Mei 28, 2024
BerandaHANKAMJAGA KEDAULATAN NEGARA, SATGAS PAMTAS TNI PATROLI PATOK PERBATASAN RI-PNG

JAGA KEDAULATAN NEGARA, SATGAS PAMTAS TNI PATROLI PATOK PERBATASAN RI-PNG

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – TNI lewat Satgas Pamtas Statis RI- PNG Yonif RK 111/KB sektor Boven Digoel Papua Selatan mempunyai tugas pokok menjaga kedaulatan negara disepanjang perbatasan RI-PNG. Selain menjaga perbatasan Satgas TNI juga diberi tugas untuk melaksanakan patroli mengecek kondisi patok perbatasan. Hal ini sesuai dengan Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI untuk menegakkan Kedaulatan Negara.

Patok Batas Negara Indonesia yang berbatasan dengan Papua Nugini selalu dipantau oleh TNI. Demikian juga Satgas Pamtas Statis RI- PNG Yonif RK 111/KB sektor Boven Digoel Papua Selatan bahkan menggelar patroli rutin guna mencegah pemindahan Patok di perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Patroli tersebut dilakukan guna meyakinkan lagi ke Komando Atas bahwa Patok-Patok di Perbatasan dalam kondisi aman.

Satgas Pamtas Statis RI- PNG Yonif RK 111/KB sektor Boven Digoel Papua Selatan pertama kalinya menancapkan bendera merah putih dipatok MM 8.1 Perbatasan RI- PNG bersama unsur pemerintah dan Satkowil dari Kodim 1711 Boven Digoel usai serah terima tugas dengan Yonif 725/WRG, Rabu 09/08/2023.

READ ALSO : TNI-POLRI TERUS PERSEMPIT RUANG GERAK KSTP

Dikutip dari tni.mil.id, pemasangan bendera merah putih dipimpin langsung oleh Danpos Ninienatie Letda Inf. Reynaldi Herzegovinda Devar S.Tr.Han, bersama anggota yang didampingi oleh Unsur Pemerintah dan Satkowil dari Koramil Waropo di Patok MM 8.1 Perbatasan RI Papua Nugini.

Dansatgas Letkol Inf. Agus Satrio Wibowo mengatakan bahwa patroli patok merupakan salah satu tugas pokok Satgas Yonif RK 111/KB di Boven Digoel. “Satgas kami melaksanakan Operasi pengamanan disepanjang jalan perbatasan darat RI-PNG di wilayah selatan Papua dan mencegah pemindahan 14 patok batas diwilayah Kab.Boven Digoel dalam rangka mendukung tugas pokok Kolakops Korem 174/ATW,” ujarnya.

Kegiatan Patroli Patok ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Satgas RI – PNG YONIF RK 111/KB untuk mengecek kondisi dari Patok dan Bendera Indonesia yang ada di Patok. (dok : zonajakarta.com)

READ ALSO : PANGDAM CENDERAWASIH DUKUNG POLDA LAKUKAN PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KSTP

Kegiatan Patroli Patok ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Satgas RI – PNG YONIF RK 111/KB untuk mengecek kondisi dari Patok dan Bendera Indonesia yang ada di Patok.

Dikutip dari akun Instagram @puspentni, Kapten Inf. Yudha Setia Putranto, (Pasi Ops Satgas) mengatakan bahwa kegiatan patroli keamanan ini merupakan bagian dari tugas pokok Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB diwilayah Penugasan Kab. Boven Digoel Papua Selatan, terkait masih banyaknya gangguan keamanan diwilayah pegunungan bintang sekitarnya dan untuk memastikan kondisi keamanan wilayah Distrik binaan Pos Satgas masing masing, dilaksanakan pengecekan wilayah secara langsung untuk mendapatkan informasi perkembangan situasi dalam mendukung Tugas Pokok Kolakops Korem 174/ATW.

“Kita semua berharap Kondisi wilayah Perbatasan Kab.Boven Digoel Papua Selatan dalam keadaan aman, sehingga perlu dilaksanakan kegiatan Patroli Keamanan rutin untuk menjaga masyarakat dari berbagai gangguan, intimidasi dan ancaman baik dari kelompok pengacau keamanan (KST) ataupun pihak lain yang dengan sengaja ingin mengganggu stabilitas keamanan di wilayah Boven Digoel Papua Selatan,” ujar Pasi Ops.

Selain mengamankan masyarakat Satgas Pamtas Yonif 111/KB juga bertanggung jawab mengamankan pemindahan 14 Patok Batas Negara serta mengecek masyarakat dan barang bawaan yang keluar masuk di Wilayah Perbatasan RI-PNG Papua Selatan dengan tetap berkordinasi terhadap Instansi terkait yang ada di wilayah dan tetap memperhatikan faktor keamanan selama melaksanakan tugas di Wilayah Perbatasan Negara.

READ ALSO : APARAT KEAMANAN UNGKAP KASUS TERBUNUHNYA AKTIVIS PEREMPUAN MICHELLE KURISI

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments