Minggu, Mei 26, 2024
BerandaKRIMINALAPARAT KEAMANAN UNGKAP KASUS TERBUNUHNYA AKTIVIS PEREMPUAN MICHELLE KURISI

APARAT KEAMANAN UNGKAP KASUS TERBUNUHNYA AKTIVIS PEREMPUAN MICHELLE KURISI

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani menyebut bahwa tiga anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ditangkap atas kasus pembunuhan terhadap aktivis perempuan Papua Michelle Kurisi Ndoga di Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan.

Deisebutkan bahwa ketiga pelaku masing-masing berinisial PM, AW dan RK. Satu diantaranya adalah pelaku utama sementara dua lainnya turut membantu. Polisi pun mengungkap peran ketiga pelaku dalam kasus ini. “1 orang adalah pelaku utama yang melakukan langsung pembunuhannya. Yang nama alias AW yang kita amankan di Jayapura,” ujar Kombes Faizal kepada wartawan di Kota Jayapura, Papua, Senin (9/10/2023).

READ ALSO : DUA WILAYAH PAPUA BARAT TERINDIKASI ALIRKAN DANA DESA KE KSTP

Faizal tidak merincikan peran dua pelaku lainnya. Namun dia menyebut kedua pelaku turut membantu AW dengan mengamankan korban sebelum dibunuh dan mengendarai mobil. “Yang sudah kita amankan itu yang pertama terkait dengan pembunuhan, yang kedua adalah yang turut serta untuk mengamankan, yang ketiga adalah yang membawa kendaraan,” katanya.

Kasus pembunuhan ini diduga melibatkan 7 orang pelaku. Menurut Faizal, para pelaku sudah berencana dan berniat untuk menghabisi nyawa korban. “Sebetulnya kejadian ini direncanakan beberapa hari sebelumnya oleh 7 orang tersangka yang kita duga melakukan kejadian ini (pembunuhan),” tuturnya.

Michelle Kurisi Doga merupakan aktivis sosial yang banyak dikenal masyarakat dan para tokoh karena kepekaannya terhadap rasa kemanusian terhadap sesama terutama rakyat Papuan dan cucu kepala suku Silo. (inews)

READ ALSO : JAGA KEDAULATAN NEGARA, SATGAS PAMTAS TNI PATROLI PATOK PERBATASAN RI-PNG

Diberitakan sebelumnya, Satgas Damai Cartenz menangkap 3 pelaku pembunuhan aktivis Papua Michelle Kurisi Ndoga. Ketiganya ditangkap di 3 lokasi berbeda yakni Kabupaten Jayawijaya, Tolikara, dan Jayapura. Awalnya, aparat menangkap pelaku berinisial PM di Kabupaten Jayawijaya pada Kamis (5/10). Lalu, pelaku berinisial AW di Jayapura dan RK di Kabupaten Tolikara pada Jumat (6/10).

“Hari Kamis 5 Oktober 2023, kami telah melakukan penangkapan terhadap seorang terduga pelaku pembunuhan Michele dengan inisial PM di Jayawijaya,” ujar Faizal. Kemudian besoknya dilaporkan bahwa aparat melakukan pengembangan dan menangkap lagi terduga pelaku AW di Jayapura kemudian RK alias RM di Tolikara,” imbuhnya.

Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno menambahkan, dari 7 terduga pelaku 4 di antaranya masih dalam pengejaran aparat. Keempatnya masing-masing berinisial KW, JW, DW, dan K. “Kasus pembunuhan berencana ini diduga dilakukan oleh tujuh orang pelaku dengan inisial PM, AW, RK, KW (DPO), JW (DPO), DW (DPO) dan K (DPO),” ujar AKBP Bayu Suseno.

Diberitakan bahwa Michelle Kurisi tewas dibunuh di Kimbim, Jayawijaya pada Selasa (29/8). Michelle diserang saat mengumpulkan data tentang pengungsi perang masyarakat Nduga. Aparat keamanan mengetahui kejadian tersebut setelah para pelaku mengupload kondisi penganiayaan di media sosial.

READ ALSO : PANGDAM CENDERAWASIH DUKUNG POLDA LAKUKAN PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KSTP

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments