Minggu, April 21, 2024
BerandaHANKAMINFORMASI SIMPANG SIUR, PENGAMAT MILITER ISESS PERTANYAKAN KABAR PILOT SUSI AIR

INFORMASI SIMPANG SIUR, PENGAMAT MILITER ISESS PERTANYAKAN KABAR PILOT SUSI AIR

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Pengamat Militer dari ISESS, Khairul Fahmi meminta aparat yang berwenang memastikan kebenaran kabar status pilot Susi Air. “Apakah Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) masih menyandera pilot Susi Air?” tanya Khairul

Menurutnya aparat TNI Polri juga harus menyampaikan kabar pasti bahwa pembebasan pilot Susi Air dari tangan KSTP tinggal menunggu waktu. Hal ini penting dilakukan, karena sampai sekarang tidak diperlihatkan sama sekali dokumentasi tentang kondisi terkini Philips Mark Merthens, pilot Susi Air yang disandera oleh KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023 lalu.

“READ ALSO” : LANGGAR HAM DAN HUMANITER, KSTP MANFAATKAN ANAK REMAJA JADI MATA-MATA

“Selama tujuh bulan pilot Susi Air disandera Kelompok Separatis Teroris, hanya dua kali KKB Papua memperlihatkan kondisi Philips Mark Merthens ke hadapan publik.,” lanjut Khairul Fahmi. Momen pertama, saat KKB Papua mengumumkan kondisi pilot yang sehat sekitar bulan awal April 2023. Dan momen kedua pada akhir Juni 2023, saat aparat kepolisian se-Indonesia sedang bersiap-siap merayakan HUT Bhayangkara pada 1 Juli 2023 lalu.

Setelah itu sampai dengan saat ini, Egianus Kogoya tidak pernah lagi menunjukkan ke hadapan publik sosok Philips yang selama ini tinggal bersamanya di hutan belantara Papua. Bahkan selama bersama Egianus Kogoya, korban penyanderaan itu setiap hari bergerak bersama KKB Papua. Dan terungkap kabar bahwa ke mana pun Egianus Kogoya bergerak, pilot Susi Air pasti selalu dibawa pergi.

Khairul Fahmi juga berharap, agar kabar dari TNI itu bukan hanya soal informasi sebatas kabar soal pembebasan pilot Susi Air dari tangan Egianus Kogoya, tapi juga ditunjukkan dengan  benar bahwa pilot itu sudah berada di tempat yang aman. “Mestinya dijelaskan, seperti apa kabar baik tentang pilot Susi Air itu. Berada di mana pilot itu saat ini. Sejauh mana komunikasi yang terjalin, sehingga ada kabar tentang pembebasan pilot yang kini beredar luas di media sosial,” ungkap Khairul Fahmi.

READ ALSO : TAK KUNJUNG TUNTUTANNYA DIPENUHI, OPM SENGAJA RAHASIAKAN KONDISI PILOT SUSI AIR

Momen pertama, saat KKB Papua mengumumkan kondisi pilot yang sehat sekitar bulan awal April 2023. (dok : kompastv)

TNI Polri, lanjut Khairul Fahmi, juga perlu menyampaikan tentang progress komunikasi yang telah dibangun dalam rangka membebaskan pilot tersebut. Dengan begitu publik  tak lagi bertanya-tanya dan atau mempertanyakan kesimpangsiuran informasi tentang nasib pilot Susi Air.

Sementara itu sebuah video viral memperlihatkan sejumlah prajurit TNI Polri sedang bersama seorang pria berkulit putih berjacket biru yang sekilas terlihat seperti sang pilot Susi Air, Philips Mark Merthens. Pria itu mengenakan jaket biru lengan panjang sedang berada di dalam sebuah helikopter. Pria itu sepertinya dikawal ketat aparat bersenjata. Dari beberapa aparat bersenjata itu, satu diantaranya mengenakan seragam polisi.

Lantas, apakah benar pria itu adalah pilot Susi Air, dan kini sudah ada di tangan TNI Polri? Apakah benar pria itu sudah berhasil dibebaskan? Sejak kapan pilot itu dibebaskan? Dibebaskan dengan cara apa? Lantas, di mana keberadaan pilot Philips Mark Merthens saat ini?

“READ ALSO” : PASTIKAN INFORMASI TRANSPARAN, TNI DALAMI STATUS PEMBEBASAN PILOT SUSI AIR

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments