Jumat, Juli 12, 2024
BerandaKRIMINALAPARAT KEAMANAN BERHASIL MENGEVAKUASI 7 KORBAN TEWAS DI SERANG KSTP

APARAT KEAMANAN BERHASIL MENGEVAKUASI 7 KORBAN TEWAS DI SERANG KSTP

PAPUA, “tabloidnusantara.com ” – Aparat Keamanan berhasil mengevakuasi 18 pendulang emas usai diserang KSTP, Pimpinan Yotam Bugiangge, di sekitar Kali Eo, Desa Mosomduba, Distrik Seradala Kabupaten Yahukimo, tujuh orang  diantaranya meninggal Selasa, 17 Oktober 2023.

Dari 18 orang yang berhasil dievakuasi itu, sebanyak tujuh orang di antaranya meninggal dunia akibat luka tembak saat kelompok separatis kriminal bersenjata atau KSTP menyerang lokasi pendulangan mereka.

READ ALSO : 7 WARGA SIPIL TEWAS DI BANTAI KSTP

Aparat melaksanakan proses evakuasi korban

“Sedangkan sebelas lainnya selamat setelah melarikan diri dan bersembunyi di hutan.

Insiden penyerangan KSTP, terhadap para pendulang diketahui dari laporan salah seorang pendulang yang selamat dan tiba di Pos Kolop pada Senin 16-10-2023.

Dari laporan itu diketahui terjadinya penyerangan terhadap Camp atau tempat tinggal sementara pendulang yang mengakibatkan tujuh orang meninggal dunia.

Saat melakukan evakuasi aparat keamanan sempat diserang dan terjadi kontak tembak personel keamanan dengan KSTP Pimpinan Yotam Bugiangge, namun tidak ada korban jiwa.

READ ALSO : SENJATA KSTP DIPEROLEH HASIL RAMPASAN APARAT DAN SELUNDUPAN DARI PNG

“Kini baik korban meninggal maupun yang selamat sudah berada di RSUD Dekai.

Dari data yang dihimpun tujuh korban meninggal dunia dalam insiden itu adalah 1. Udin, 2. Maun, 3. Ardi, 4. Hendra, 5. Anju, 6. Appe, dan 7. Siger.

Sedangkan mereka yang selamat, yakni Abdul Aziz (53 th), Renaldi (28 ), Hermudin (42th), Bebeng (41), Erwin (36), Abd. Rahmansyah alias Rahsya (31 th), Markus Tumpia (35), Ahmad Saleh Ohe (21), Holden (48 th), Amiman (33), dan Abdul Samad (53 th).

Dalam peristiwa penyerangan KKB terhadap para pendulang emas di Kabupaten Yahukimo pada Senin, 16 Oktober 2023 itu, terdapat 3 unit alat berat excavator dibakar berikut 2 unit truk dan 1 unit camp pendulang.

READ ALSO : CARI SOLUSI TANGANI PAPUA, WAPRES AJAK DIALOG TOKOH AGAMA DAN PEGIAT HAM

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments