Minggu, Mei 26, 2024
BerandaHANKAMTOLAK ORGANISASI PAPUA MERDEKA, WARGA WAMENA BAKAR BENDERA BINTANG KEJORA

TOLAK ORGANISASI PAPUA MERDEKA, WARGA WAMENA BAKAR BENDERA BINTANG KEJORA

PAPUA,  “tabloidnusantara.com” – Ratusan warga di Wamena, Papua, menyatakan menolak wacana Papua merdeka yang dilontarkan Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Sebagai wujud penolakan referendum yang disuarakan KNPB, warga melakukan aksi dengan membakar bendera Bintang Kejora dalam unjuk rasa tersebut. KNPB diketahui ialah organisasi yang berafiliasi ke Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dalam kesempatan itu, Koordinator aksi Salmon Walilo saat berorasi di depan kantor Bupati Jayawijaya Wamena, Minggu (29/11) mengatakan, tidak ada referendum bagi Papua. Sebab Papua adalah bagian dari Indonesia yang tak terpisahakan. “Rakyat Papua tak butuh referendum, karena rakyat sudah merdeka dalam Indonesia,” jelasnya.

Salmon Walilo dalam orasinya juga mengatakan bahwa warga sudah mengendus ada propaganda pemecah belah melalui tipu-tipu politik. Menurutnya 92 persen masyarakat papua sudah sangat mempercayai keberadaan Provinsi Papua sebagai bagian utuh dari NKRI. “Pembangunan Papua yang semakin hari berkembang bahkan pemerintah menyiapkan tim khusus guna memaksimalkan percepatan pembangunan di Papua, hal ini menjadi pemicu utama masyarakat papua mulai menjauh dari pengaruh dan keterlibatan terhadap kegiatan terorisme separatis di Papua,” paparnya.

READ ALSO : BERIKAN BANTUAN KE PENGUNGSI TEROR KKB, PJ BUPATI NDUGA HARAP RAYAKAN HUT RI DI KAMPUNG HALAMAN

Sementara itu, warga lain bernama Alex Logo dalam orasinya mengatakan peristiwa kerusuhan yang kerap terjadi di Papua lebih banyak akibat ulah KNPB. Dia mengatakan banyak warga resah atas keberadaan KNPB. “Hari ini saya sebagai orang adat menolak keberadaan KNPB yang ada di Papua, khususnya di Jayawijaya dan wilayah pegunungan tengah Papua,” kata Alex.

Warga bakar bendera bintang kejora. (detik.com)

READ ALSO : KELOMPOK SEPARATIS DAN TERORIS MUSUH BERSAMA MASYARAKAT PAPUA

“Saya tolak KNPB, mereka organisasi tak jelas yang hanya menciptakan keresahan di Papua,” tambahnya. Selanjutnya, ia bersama Barisan Merah Putih serta semua warga Papua, akan terus mengawasi aktivitas KNPB khususnya di wilayah Pegunungan. “Kami akan monitor setiap kegiatan mereka, kalau perlu kami akan tindak tegas mereka,” ucap dia.

Setelah itu, massa kemudian melakukan aksi pembakaran terhadap bendera bintang kejora dan KNPB. Namun tidak berapa lama kemudian aksi itu dibubarkan Polisi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments