Jumat, April 19, 2024
BerandaHANKAMTNI SERGAP MARKAS KSTP NDUGA, TIGA ANAK BUAH EGIANUS TEWAS

TNI SERGAP MARKAS KSTP NDUGA, TIGA ANAK BUAH EGIANUS TEWAS

PAPUA, Tabloidnusantara.com” – Pasca tewasnya tiga warga sipil di Jalan Batu Batas, Kompleks Yasoma, Distrik Kenyam, Nduga akibat kekejaman Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) aparat TNI menggerebek markas kelompok pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Dikabarkan tiga anak buah Egianus tewas dalam penggerebekan tersebut. Kamis (17/8).

Berawal dari kejadian itu aparat keamanan kemudian membentuk tim gabungan untuk melakukan pengejaran terhadap para pelaku. “Tindakan operasi kemarin adalah akibat dari terbunuhnya tiga orang masyarakat sipil oleh KSTP di Batas Batu,” ujar Pangdam XVII/Cenderwasih Mayjen Izak Pangemenan saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (3/9/2023).

READ ALSO : BUNTUT TEWASNYA 3 ANGGOTA KSTP, EGIANUS KOGOYA ANCAM BALAS SERANGAN KE KENYAM

Izak mengatakan Satgas Tim Taipur awalnya melihat empat anggota KSTP yang membawa senjata laras panjang di sekitar sungai pada Kamis (17/8). Mereka diduga datang dari arah PT. Delarosa menuju Camp Matoa Belakang. “Pada tanggal 21-24 Agustus aparat TNI gabungan melihat empat anggota KSTP itu berjalan menyusuri sungai menuju Camp Matoa Depan. Lalu, pada tanggal 28 Agustus aparat melihat aktivitas mencurigakan di tepi sungai,” terangnya.

Pihaknya kemudian mulai menyusun rencana penyergapan pada Rabu (30/8). Selanjutnya, tim gabungan yang dipimpin Mayor Inf Sudarmin mulai menyusup menuju Pos Matoa pada Kamis (31/8). “Puncaknya, tim gabungan TNI berhasil menggerebek markas KSTP di Kampung Aluguru, Distrik Krepkuri, Nduga pada Jumat, sekira pukul 03.16 WIT,” kata Izak.

Izak mengungkap dalam penggerebekan tersebut sempat terjadi kontak tembak antara aparat TNI dan KSTP. Akibatnya tiga anak buah Egianus Kogoya tewas dalam kontak tembak itu. “Kontak tembak terjadi, sehingga mengakibatkan tiga anak buah Egianus Kogoya tewas,” imbuhnya.

Dari penyergapan tersebut, tiga anggota KSTP pimpinan Egianus Kogoya dipastikan tewas, mereka adalah Ganti Gwijangge, Werak Lokbere dan Arikheba Kogeya. Izak juga memastikan bahwa seluruh personel TNI yang melakukan aksi penyerangan tersebut kembali dalam keadaan selamat. “Kalau dari pihak kita (TNI) tidak ada korban jiwa,” katanya.

READ ALSO : TRAUMA KEPALA DITEMBAK KSTP, PEMUDA ASAL SULSEL PILIH PULANG KAMPUNG

Dari penggrebekan tersebut TNI mengamankan sejumlah barang bukti mulai dari senjata api hingga amunisi. (detik.com)

Diberitakan sebelumnya, aparat TNI menggerebek markas KSTP pimpinan Egianus Kogoya di Nduga, Papua Pegunungan. Dari penggrebekan tersebut TNI mengamankan sejumlah barang bukti mulai dari senjata api hingga amunisi. “Dari operasi ini juga tim gabungan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti senjata, amunisi, peralatan, serta dokumen yang mengindikasikan aktivitas TPNPB-OPM,” ungkap Mayjen Izak saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (3/9).

Izak mengatakan penggerebekan itu dilakukan di Kampung Aluguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga pada Jumat (1/9). Ia menyebut markas yang digerebek anggotanya merupakan markas besar KSTP Egianus Kogoya. “Tim gabungan akhirnya berhasil menduduki Aluguru yang selama ini dikenal sebagai markas besar kelompok Egianus Kogoya,” terangnya.

READ ALSO : ANGGOTA DPR RI MINTA APARAT KEAMANAN TINDAK TEGAS PELAKU PEMBUNUHAN MHICELLE KURISI

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments