Rabu, Juni 12, 2024
BerandaHANKAMTAKUT TEROR KSTP BERLANJUT, WARGA ERONGGOBAK MENGUNGSI KE POS TNI

TAKUT TEROR KSTP BERLANJUT, WARGA ERONGGOBAK MENGUNGSI KE POS TNI

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan(Kaskogabwilhan) III Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak mengatakan bahwa sebanyak 70 orang warga Kampung Eronggobak Distrik Omukia Kabupaten Puncak, Papua Tengah mengungsi ke Pos Eromaga Satgas Mobile Raider 300/BJW karena takut terhadap aksi teror Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP).

“Memang benar warga yang mengungsi Jumat malam (20/10) itu rata-rata perempuan, anak-anak dan orang tua mendatangi pos dan meminta perlindungan, “kata Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak dalam siaran persnya, Sabtu pagi (21/10).

READ ALSO : TNI TEMBAK SATU ANGGOTA KSTP PELAKU PENYERANGAN DI KAB PUNCAK

KSTP secara biadab selalu melakukan aksi teror dan menimbulkan korban jiwa masyarakat Papua. (dok : era.id)

Dikatakannya bahwa warga mengungsi karena takut aksi teror yang dilakukan KSTP mengingat di kampungnya terlihat sosok mencurigakan yang membawa panah dan senjata tajam. “Warga mencurigai adanya anggota KSTP dari wilayah Kepala Air yang dipimpin Titus Murib berada di sekitar kampung sehingga malam-malam mereka memilih mengungsi ke Pos TNI, ” kata Deni. Pengungsian ini bisa jadi merupakan kelanjutan dari teror dan penyerangan terhadap 23 pekerja PT Gloria Papua Permai yang sedang melaksanakan pembangunan Puskesmas Omukia.

Diketahui sebelumnya bahwa pada hari Jumat (20/10) sempat terjadi kontak tembak antara prajurit Yonif 300/BJW dengan KSTP di sekitar Erogama. Saat itu satgas TNI AD tersebut sedang melaksanakan pengejaran terhadap pelaku yang diduga menyerang kampung para pekerja pembangunan Puskesmas Omukia hingga seorang pekerja meninggal dan dua lainnya terluka hingga satu anggota KSTP dikabarkan tewas tertembak di bagian punggung.

Sebanyak 53 orang warga Kampung Eronggobak Distrik Omukia Kabupaten Puncak, Papua Tengah mengungsi ke Pos Eromaga Satgas Mobile Raider 300/BJW karena takut terhadap aksi teror Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP). (dok : jpnn.com)

Saat ini TNI telah mengantisipasi perkembangan situasi diwilayah tersebut untuk mengantisipasi adanya gangguan susulan. Diketahui, Dansatgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/BJW, Letkol Inf Afri Swandi Ritonga telah perintahkan jajaran pos Satgas melaksanakan siaga satu.

Untuk masyarakat yang mengungsi sementara berada di Saung Pos Eromaga dan Honai yang posisinya berada di depan pos dan masih terjangkau pengawasannya. “Personel Pos Satgas TNI telah menyiapkan makanan guna membantu masyarakat sipil Kampung Eronggobak yang sedang mengungsi tersebut,” ungkap Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak

READ ALSO : KORBAN PENYERANGAN KSTP BELUM DITEMUKAN, APARAT MASIH PATROLI RADIUS TKP

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments