Senin, Mei 20, 2024
BerandaHANKAMSOROTI PEMBUNUHAN MHICELLE KURISI, KOMNAS HAM MINTA POLISI USUT TUNTAS

SOROTI PEMBUNUHAN MHICELLE KURISI, KOMNAS HAM MINTA POLISI USUT TUNTAS

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM meminta kepolisian mengusut tuntas pembunuhan Michelle Kurisi Ndoga yang terjadi di Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua Pegunungan. Hal itu dinyatakan Koordinator Sub Komisi Penegakan HAM, Uli Parulian Sihombing di Jakarta pada Jumat (1/9/2023).

Michelle Kurisi Ndoga dibunuh kelompok yang diduga Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB). Pembunuhan itu menjadi perbincangan masyarakat luas karena video saat Michelle Kurisi diinterogasi beredar. Uli mengatakan tindakan kekerasan kepada siapapun tidak dapat dibenarkan dalam konteks apapun, termasuk pembunuhan terhadap Michelle Kurisi. Ia mengatakan kekerasan bukan solusi atas konflik yang terjadi di Papua.

READ ALSO : TIGA ANGGOTA KSTP TEWAS DISERGAP TNI, SATU DIANTARANYA ORANG DEKAT EGIANUS KOGOYA

“Siklus kekerasan yang berulang harus dihentikan karena itu berdampak langsung terhadap kehidupan masyarakat Papua,” ujarnya. Uli mengatakan Komnas HAM akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak baik terkait penangan kasus pembunuhan Michelle Kurisi. Komnas HAM meminta komitmen semua pihak untuk menciptakan situasi yang kondusif. “Kami berharap semua pihak menghentikan penggunaan cara-cara kekerasan, apalagi sampai menghilangkan nyawa,” katanya.

Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro. (kumparan.com)

Sementara itu ketua Komnas HAM, Atnike Nova Sigiro mengatakan Komnas HAM belum menerima pengaduan khusus terkait pembunuhan Michelle Kurisi. Akan tetapi Komnas HAM telah memantau dan mengumpulkan informasi kasus itu melalui Kantor Perwakilan Komnas HAM Papua di Jayapura dan media. “Kami memiliki tim khusus Papua yang merespon situasi di Papua,” ujarnya.

Atnike mengatakan Komnas HAM belum melakukan pemantauan kasus itu. Pihaknya masih melakukan penelitian lebih lanjut guna menentukan langkah penanganan kasus itu. “Pemantauan khusus belum kami lakukan, akan kami nilai dulu apakah akan melakukan pemantauan khusus terkait kasus pembunuhan itu,” katanya.

Atnike  meminta kasus pembunuhan itu ditangani sesuai dengan hukum yang berlaku dan serta aspek dan prinsip Hak Asasi Manusia. Atnike mengatakan kasus-kasus kekerasan di Papua menjadi atensi khusus dari Komnas HAM. “Setiap kekerasan di Tanah Papua berpotensi menyebabkan eskalasi konflik,” ujarnya.

Diperoleh informasi Komnas HAM Perwakilan Papua telah menyoroti Kasus kematian aktivis Papua Michelle Kurisi Ndoga. “Pimpinan Komnas HAM Pusat telah meminta kantor perwakilan untuk memberikan perhatian terhadap kasus Michelle Kurisi,” kata Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua Frits Ramandey di Jayapura, Selasa.

READ ALSO : KEPOLISIAN BERUSAHA KERAS UNGKAP KASUS TERBUNUHNYA AKTIVIS KEMANUSIAAN MICHELLE KURISI DOGA

Komnas HAM Perwakilan Papua Frits Ramandey, menyoroti Kasus kematian aktivis Papua Michelle Kurisi Ndoga. (antara)

Menurut Ramandey, Komnas HAM Perwakilan Papua telah bertemu dengan pihak keluarga korban dan juga sudah mendengar langsung pernyataan dari ibu Michell saat proses ibadat pemakaman. Dia menjelaskan keluarga korban meminta agar kasus pembunuhan Michelle bisa diungkap secara transparan karena ibu korban menyatakan telah mengampuni pelaku pembunuhan anaknya. “Selain itu ibu korban juga meminta bagaimana nasib ke dua anak Michelle sehingga kasus ini menjadi atensi Komnas HAM Perwakilan Papua,” ujar Ramandey.

Dia menjelaskan pihaknya meyakini polisi akan mengungkap kasus pembunuhan aktivis Papua tersebut karena telah mengantongi bukti dan petunjuk lebih dari satu baik kronologi maupun fakta dari kematian korban. “Untuk itu, kami minta kasus ini bisa diungkap secara transparan sesuai permintaan keluarga,” kata Ramandey. Dia menambahkan kasus tersebut tidak bisa dibiarkan terus karena itu akan menjadi catatan panjang sehingga wibawa negara akan dirongrong terus.

Aktivis Papua Michelle Kurisi diduga dibunuh oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan pada Kamis 31 Agustus 2023, jenazah Michelle ditemukan di Distrik Kolawa, Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan.

READ ALSO : DITUNJUK JADI PJ GUBERNUR PAPUA, RIDWAN RUMASUKUN ANGGAP PRO-KONTRA DINAMIKA BIASA

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments