Kamis, Mei 30, 2024
BerandaHANKAMSEMPAT MINTA PRESIDEN JOKOWI DUKUNG PAPUA MERDEKA, TITUS MURIB DIBURU APARAT KEAMANAN

SEMPAT MINTA PRESIDEN JOKOWI DUKUNG PAPUA MERDEKA, TITUS MURIB DIBURU APARAT KEAMANAN

PAPUA, Tabloidnusantara.com” – Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, menyebutkan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Titus Murib Kwalik dilaporkan membakar gedung perpustakaan SMAN 1 Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Kamis (17/8/2023).

“Aksi pembakaran yang dilakukan oleh Kelompok KKB pimpinan Titus Murib (KKB Kepala Air),” ujar Benny, Jumat (18/8/2023). Ini bukan kali pertama Titus memimpin aksi teror di wilayah Papua Tengah. Titus Murib Kwalik sering membuat resah warga, pemerintah, dan aparat TNI-Polri setempat melalui aksi terornya. Atas aksinya tersebut Titus Murib diburu aparat keamanan untuk mempertanggungjawabkan tindakan kriminalnya.

READ ALSO : M.A.C DAN SHINE OF BLACK PUJI PEMBANGUNAN PAPUA YANG DILAKUKAN PRESIDEN JOKOWI

Pada 18 Februari 2023, Titus Murib Kwalik disebut memimpin pembakaran rumah warga sipil di sekitar Tower Telkom, Kampung Kago, Distrik Gome, Kabupaten Puncak. “Kejadian tersebut dilakukan oleh KKB Kepala Air pimpinan Titus Murib Kwalik,” kata Benny.

Titus Murib Kwalik merupakan salah satu pimpinan tertinggi KKB Papua yang beroperasi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Selain meresahkan, Titus Murib Kwalik dikenal sebagai sosok kontroversial. Titus Murib Kwalik pernah menyerukan soal kemerdekaan Papua.

Dari atas mimbar di tengah lapangan, dari atas panggung utama di sebuah lapangan terbuka di Papua, Titus Murib Kwalik angkat bicara. Titus Murib Kwalik juga pernah meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mendukung Papua jadi negara merdeka.

READ ALSO : DPR RI MENGUTUK TINDAKAN KKB YANG MENEMBAK MATI 3 WARGA SIPIL DI NDUGA

Titus Murib Kwalik juga pernah meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mendukung Papua jadi negara merdeka. (tribunpapua)

Jika Indonesia tak merespon tuntutan tersebut, Titus Murib Kwalik menegaskan bahwa KKB akan terus berperang sampai akhir hayat nanti. “Kita terus berperang sampai kiamat, berperang sampai Papua merdeka,” tandas Titus Murib Kwalik, sebagaimana dilansir dalam video yang sempat viral di media sosial.

Pada video itu, memang tak disebutkan di wilayah mana Titus Murib Kwalik menyerukan perang tiada henti di Bumi Cenderawasih itu. Tak disebutkan pula ada momen resmi apa, sehingga Titus Kwalik berani melontarkan pernyataan kontraproduktif tersebut.

Namun dari sekilas pernyataan yang dilontarkannya, tampak jelas kalau “Singa Tua” itu hanya menginginkan kemerdekaan bagi Tanah Papua. Makanya, kata Titus Murib Kwalik, perang menjadi satu-satunya cara untuk meraih apa yang diinginkannya, yakni Papua merdeka, lepas dari bingkai NKRI.

Dari video yang viral juga terungkap bahwa Titus Murib Klawik tak hanya menyerukan perang dengan NKRI, tetapi juga mengeluarkan surat bernada provokatif. Dalam surat itu, Titus Murib Kwalik menuding Amerika Serikat (AS) dan Australia, bersekongkol dengan Indonesia agar tak melepaskan Papua jadi negara merdeka. Entah apa yang melatarbelakangi pernyataan Titus Murib Kwalik sehingga nekat melontarkan tudingan kepada tiga negara tersebut.

READ ALSO : KKB PIMPINAN TITUS MURIB DIDUGA PELAKU PEMBAKARAN PERPUSTAKAAN SMAN 1 ILAGA

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments