Satgas Yonif Raider 301/PKS Turut Hadir Di Acara Tradisi Bakar Batu - https://tabloidnusantara.com/

Satgas Yonif Raider 301/PKS Turut Hadir Di Acara Tradisi Bakar Batu

Puncak Jaya, “tabloidnusantara.com” – Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks dalam melaksanakan tugas teritorialnya selalu hadir dalam acara-acara kemasyarakatan. Kali ini Satgas menghadiri acara tradisi bakar batu yang dilaksanakan di halaman Gereja Yerusalem 1, Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya. Papua. Sabtu (26/11/2022).

Upacara bakar batu merupakan upacara ritual secara turun menurun dari berbagai suku di Pegunungan Papua, termasuk warga Kampung Wosilimo Suku Dani di Lembah Baliem dengan cara memasak bersama yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada pemberi kehidupan atas karunia yang telah diberikan. Bakar batu juga sebagai sarana ajang saling mempererat persahabatan sesama etnis di Papua, seperti menyambut kebahagiaan atas kelahiran, kematian, bahkan sarana untuk penyelesaian masalah.

Acara tradisi bakar batu kali ini diselenggarakan dalam rangka syukuran peresmian Gereja Yerusalem 1 di Distrik Pagaleme oleh Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos., S.IP., M.M.

BACA JUGA : 

Pangdam XVII/Cenderawasih Bersilaturahmi Dengan FKUB Provinsi Papua Dan Para Tokoh Agama Di Makodam

Turut hadir dalam acara tersebut Wadansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks Mayor Inf Heri Andy Nova Sirait bersama Muspida Kab. Puncak Jaya. Ketua DPRD Kab. Puncak Jaya Zakaria Telenggen. Ketua Wilayah Yamo Pendeta Yason Wonda. Ketua Klasis GIDI Pendeta Telius Wonda dan gembala-gembala Gereja di wilayah Puncak Jaya.

Acara Tradisi Bakar Batu

Acara pokok dari kegiatan tradisi bakar batu yaitu pelaksanaan peresmian Gereja Yerusalem 1 dengan menggunting pita yang telah disediakan oleh Bupati Puncak Jaya. Selanjutnya acara ramah tamah yang sudah disediakan oleh panitia.

Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/ Pks Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P dalam keterangan tertulisnya mengatakan, “Usahakan hadir apabila masyarakat mengundang, kehadiran kita ditengah-tengah masyarakat sangat diharapkan,” pungkasnya.

BACA JUGA : 

Kumdam XVII/Cenderawasih Berikan Pemahaman Hukum Kepada Prajurit TNI Dan Persit

Diakhir acara, Kepala Distrik Pagaleme Yotinus Wonda selaku Ketua panitia acara, mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks yang telah hadir diacara kami, sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Bapak TNl Satgas 301,” ujarnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Tabloid Nusantara

Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *