Selasa, April 16, 2024
BerandaHANKAMSATGAS GABUNGAN TNI/POLRI REBUT DAN KUASAI DUA MARKAS KSTP

SATGAS GABUNGAN TNI/POLRI REBUT DAN KUASAI DUA MARKAS KSTP

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Aparat TNI dan Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 behasil menduduki markas Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) pimpinan Elkius Kobak di Kali Ei, Kabupaten Yahukimo, pada Senin (30/10/2023) lalu dan di Kali Brasa, Yahukimo pada (04/11/2023).

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Dr Faizal Ramadhani, SSos SIK MH mengklaim bahwa aparat gabungan telah berhasil melakukan operasi penegakan hukum di Yahukimo yang digelar sejak 30 Oktober 2023 lalu. “Ya benar, kami telah berhasil lakukan operasi gabungan di Yahukimo sejak tanggal 30 Oktober 2023 dan hingga hari ini. Kami telah berhasil menduduki 2 markas KSTP pimpinan Elkius Kobak, yaitu markas Kali Ei dan markas Kali Brasa,” jelasnya.

READ ALSO : TAK MAU TERPROVOKASI UMLWP, DEMO AKSI TURUN JALAN FORUM WEST PAPUA SEPI PEMINAT

Barang bukti yang berhasil diamankan Satgas TNI/Polri di Markas KSTP. (dok : pojokpapua.id)

Namun dalam penyergapan itu, anggota KSTP berhasil melarikan diri. Pihaknya hanya bisa mengamankan sejumlah barang bukti yang berada di 2 markas KSTP tersebut. Barang bukti yang berhasil diamankan yakni 4 buah solar cell, 6 unit mesin genset. Kemudian sejumlah senjata tajam berupa parang dan panah, 2 buah handy talky berserta chargernya. Berikutnya 2 buah senapan angin, 1 pasang baju loreng.

READ ALSO : PEMERINTAH SERIUS CARI SOLUSI ATASI BENCANA KELAPARAN DI PAPUA

Selain itu terdapat juga barang bukti berupa suntikan dan beberapa botol ampu serta sejumlah obat-obatan yang diduga hasil rampasan dari tenaga medis di Puskesmas Amuma, Yahukimo yang dianiaya KSTP beberapa hari lalu.

Dikarenakan kedua markas berada di antara dua ketinggian yang sulit dijangkau, sebagian barang bukti langsung dimusnahkan di lokasi. “Pertimbangan posisi markas berada diantara ketinggian, sehingga tidak memungkinkan untuk membawa seluruh barang bukti. Maka sebagian barang bukti langsung kami musnahkan di TKP,” jelas Kasatgas Humas Damai Cartenz, AKBP Dr Bayu Suseno.

Kata AKBP Bayu bahwa Satgas Damai Cartenz 2023 akan terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap KSTP yang berada di sekitar Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo.  “Kami akan terus lakukan pengejaran, dan akan kami hancurkan markas KSTP lainnya yang berada di sekitar kota Dekai, Yahukimo,” tegasnya.

READ ALSO : APRESIASI SINERGITAS APARAT KEAMANAN BERANTAS KSTP

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments