Selasa, April 16, 2024
BerandaEKONOMIPROGRAM PRIORITAS BAKTI PAPUA TA.2023, TINGKATKAN DAN PULIHKAN EKONOMI MASYARAKAT

PROGRAM PRIORITAS BAKTI PAPUA TA.2023, TINGKATKAN DAN PULIHKAN EKONOMI MASYARAKAT

PAPUA, Tabloidnusantara.com” – Program Prioritas Bakti Papua Tahun 2023 yang dipimpin oleh Laksa TNI Dwika Tjahja Setiawan.S.H,.M.H (Pa Sahli Bidang Jahpres Sahli Panglima TNI) dan Brigjen TNI Franz Yohanes Purba S.IP, M.M (danrem 173/PVB) beserta rombongan, mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi saat melaksanakan kunjungan di Gereja Katolik ST. Yosep, Kampung Samabusa, Distrik Teluk Kimi, Kabupaten Nabire, Papua Tengah.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pejabat yaitu Kolonel Inf Hendro Cahyo (Pabud Sahli Bidang Sosbudhankam Sahli Panglima TNI), Letkol Arm Joko Triyanto, S,Pd (Pandya-3/Kom KBT Paban IV Ster TNI), Letkol Inf Doni Firmansyah M.Han (Dandim 1705/Nabire), AKBP I Ketut Suarnaya S.H, S.Ik (Kapolres Nabire, Ismail Jamaluddin (Wakil Bupati Kab. Nabire), Qonstantina Waray (Kepala Distrik Teluk Kimi) dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

READ ALSO : UPAYA BEBASKAN PILOT SUSI AIR SECARA PERSUASIF UNTUK HINDARI KORBAN

Di wilayah Korem 173/PVB, berbagai kegiatan telah dilaksanakan termasuk rehabilitas rumah tidak layak huni, renovasi gereja, distribusi alkitab, pembuatan kandang babi, pembagian bibit babi dan bantuan sembako. (nabire.net)

Dalam sambutannya Danrem 173/PVB menjelaskan bahwa Program Prioritas Nasional Bakti Papua adalah bagian dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang bertujuan membantu masyarakat Papua terutama dalam upaya percepatan peningkatan ekonomi dan pemulihan ekonomi masyarakat. Program ini juga bertujuan mendukung pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional di beberapa Satkowil di wilayah Papua.

Pemerintah telah berkomitmen untuk membangun Papua sebagai bagian dari Indonesia sentris dan komitmen ini tidak hanya mencakup insfrastruktur namun juga penguatan sumber daya manusia (SDM). Kegiatan territorial TNI seperti yang dilakukan oleh Korem 173/PVB merupakan bagian dari Program Prioritas Nasional Bakti Papua TA.2023.

Di wilayah Korem 173/PVB, berbagai kegiatan telah dilaksanakan termasuk rehabilitas rumah tidak layak huni, renovasi gereja, distribusi alkitab, pembuatan kandang babi, pembagian bibit babi dan bantuan sembako. Kegiatan lainya juga dilakukan seperti penyuluhan dalam berbagai bidang seperti pertanian, kesehatan, wawasan kebangsaan, keagamaan, UMKM dan penanggulangan stunting.

Sementara itu Laksda TNI Dwika Tjahja Setiawan menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk nyata bakti TNI kepada masyarakat.  Kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan untuk masyarakat Papua khususnya di Nabire. Khusus daerah Nabire, salah satu aspek yang ditekanka adalah renovasi rumah ibadah seperti yang terlihat di gereja Katolik ST.Yoseph. Renovasi gereja ini bertujuan agar jemaatnya dapat beribadah dengan nyaman karena layak bangunannya.

READ ALSO : PASCA SERGAP MARKAS KENYAM, APARAT HARUS BURU SEMUA KSTP AGAR PAPUA DAMAI

Kegiatan Program Prioritas Bakti Papua Ta.2023 juga merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan untuk masyarakat Papua khususnya di Nabire. (nabire.net)

Ketua Umat Gereja Katolik ST.Yoseph Samabusa, bapak Wilyam Raya menyampaikan rasa syukur atas renovasi gereja yang telah dilakukan melalui program ini. Dirinya juga berharap bahwa bantuan serupa bisa juga diberikan kepada gereja yang lain yang masih memerlukan bantuan.  Di tempat yang sama Ibu Magdalena Sayori juga mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI, Pangdam XVII/Cenderawasih, Danrem 173/PVB dan Dandim 1705/Nabire atas bantuan renovasi rumah mereka

Program Prioritas Bakti Papua TA.2023 terus berjalan dengan semangat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua dan mendukung pembangunan di Papua. Dengan program ini diharapkan Papua dapat terus berkembang dan sejajar dengan wilayah lain di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

READ ALSO : TOKOH ADAT PAPUA KLAIM KSTP LANGGAR HAM BERAT SEBABKAN KEMATIAN MICHELLE

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments