PIMPINAN TNI HADIR, YAKINKAN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI ENDE BERJALAN AMAN - https://tabloidnusantara.com/

PIMPINAN TNI HADIR, YAKINKAN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI ENDE BERJALAN AMAN

Ende, “TABLOIDNUSANTARA” – Panglima Tentara Nasional Indonesia, Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D., menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 yang digelar secara terpusat di Lapangan Pancasila, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam perjalanan menuju lokasi dilaksanakannya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo sebagai Irup. Panglima TNI hadir dengan menggunakan Pesawat TNI AU jenis Boeing 737-400 mendarat di Bandara Fransiskus Xaverius Seda Maumere, Kabupaten Sikka. Selanjutnya terbang menuju ke Kabupaten Ende menggunakan Pesawat TNI AU jenis CN 295.

Setibanya di Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende pada Rabu (1/6/2022), Panglima TNI disambut langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., Danrem 161/WS Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., Danlanud El Tari Kupang dan Dandim 1602/Ende serta hadir juga dalam penyambutan para Asisten Kasdam IX/Udayana dan Danpomdam IX/Udayana.

Selanjutnya Panglima TNI bersama para Pejabat Negara dan undangan lainnya mengikuti rangkaian pelaksanaan Upacara Terpusat Peringatan Hari Lahir Pancasila di di Lapangan Pancasila Ende yang juga diikuti secara Daring di seluruh Indonesia.

Kehadiran Panglima TNI di wilayah Provinsi NTT selain menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara terpusat, juga dalam rangka meyakinkan pengamanan Presiden RI bersama Ibu Negara di wilayah Nusa Tenggara Timur berjalan tertib, aman dan lancar.

Hal ini sesuai dengan amanat dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia pada pasal 7 dijelaskan, bahwa tugas pokok TNI dilaksanakan dengan OMP dan OMSP. Dimana salah satu tugas dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya.

Dengan demikian, sebagai Pimpinan TNI baik Panglima TNI maupun Pangdam IX/Udayana selaku Pangkogasgab Pengamanan VVIP berkewajiban untuk hadir dalam kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di Ende. (Pendam IX/Udy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *